News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Platform Kesehatan Ini Raih Sertifikasi ISO 27001 untuk Perlindungan Data Pengguna

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aplikasi Good Doctor di smartphone

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi, Good Doctor memperoleh Sertifikasi ISO 27001 dalam hal perlindungan data dan informasi konsumen.

ISO 27001 merupakan standar yang diakui secara internasional dalam penerapan sistem manajemen keamanan informasi. 

Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana menjelaskan, wujud perlindungan kerahasiaan data dan informasi itu dilakukan pihaknya lewat berbagai langkah dengan menggunakan platform keamanan data standar industri berancang khusus.

Misalnya, dokter hanya bisa mengakses data saat melayani pasien. Setelah itu, data hanya dapat diakses oleh Komite Medis.

Pasien yang akan berkonsultasi hanya dapat menggunakan perangkat yang telah terdaftar sehingga pengguna tidak dapat melakukan login melalui perangkat yang berbeda.

Saat konsumen menghubungi Customer Service (misalnya mengenai permintaan resep), Good Doctor akan memverifikasi pengguna terlebih dulu.

Danu menambahkan, pihaknya menerapkan tim Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) demi pemeriksaan kualitas dan kerangka kerja yang sesuai telah tersedia untuk menjunjung tinggi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan semua data perusahaan.

Mulai dari konsultasi medis virtual, janji temu medis secara online dan offline, resep medis, dan belanja produk kesehatan secara online.

Baca juga: Aplikasi Good Doctor Bisa Bantu Pilih Olahraga yang Pas di Masa Pandemi Covid-19

Penerapan SMKI ini bertujuan melindungi kepentingan bisnis Good Doctor dengan mengidentifikasi, menangani, dan mengurangi kemungkinan serangan dunia maya serta menjaga tempat kerja dan pengoperasian teknologi yang aman dan terjamin bagi perusahaan dan karyawan.

Diperolehnya sertifikasi ini, kata dia, menunjukkan dukungan pihaknya terhadap upaya pemerintah untuk melindungi kerahasiaan data publik.

"Di era digital ini, keamanan data menjadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk menggunakan aplikasi digital apa pun. Diperolehnya sertifikasi ini juga akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan perusahaan terhadap layanan Good Doctor karena konsumen dan mitra bisnis yakin bahwa data mereka aman di tangan kami,” ujarnya, dikutip Sabtu (27/8/2022).

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office, Setiaji, mengapresiasi pencapaian ini.

Baca juga: Good Doctor dan GrabHealth Perluas Tes cepat serta PCR Test Hingga 8 Kota

Diamenekankan pentingnya menjaga standar internasional perlindungan data di era digital saat ini.

“Selamat kepada Good Doctor yang telah meraih sertifikasi ISO 27001. Komitmen dan kerja keras yang telah dilakukan oleh Good Doctor untuk memberikan pelayanan terbaik tidak hanya dari sisi medis, tetapi juga dengan menjaga kerahasiaan data penggunanya telah membuahkan hasil dengan diperolehnya sertifikasi ini,” ungkap Setiaji.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini