News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tampilan Baru iPhone 14, Sematkan e-SIM Sebagai Pengganti Slot Kartu SIM

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi iPhone 14. Meski baru akan dirilis pada 7 September 2022, namun sudah banyak rumor ponsel tersebut tidak ada slot SIM card.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Meski baru akan dirilis pada 7 September 2022, namun sudah banyak rumor iPhone 14 series tidak ada slot SIM card.

Rumor tersebut mulai beredar setelah Mark Gurman dari Bloomberg merilis laporan terkait gawai iPhone 14, dalam laporannya Guman menyebut bahwa iPhone 14 series tidak menggunakan slot SIM card, langkah itu merupakan sebuah revolusi yang dilakukan Apple untuk mempercepat penggunaan eSIM.

"Apple akan memberikan eSIM dorongan yang lebih besar kali ini, dengan operator bersiap untuk mengarahkan pengguna ke kartu SIM digital yang disematkan daripada yang fisik," tulis Gurman dalam laporannya.

Baca juga: Rumor Harga, Bocoran Spesifikasi hingga Jadwal Rilis iPhone 14 Series di Indonesia

Sebagai informasi E-SIM merupakan sebutan yang merujuk pada kartu SIM elektronik, embedded SIM card, serta kartu SIM digital. Sesuai namanya, e-SIM tak memiliki wujud fisik seperti SIM card pada umumnya.

e-SIM sendiri digambarkan sebagai modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel dan tak bisa dilepas-pasang secara sembarangan.

Dengan menyematkan fitur eSIM pengguna tak perlu lagi menggunakan kartu SIM fisik untuk mengaktifkan paket seluler, sebagai gantinya pengguna hanya perlu memindai kode QR di aplikasi operator seluler, atau meng-install paket seluler yang ditetapkan sebelum mengakses paket seluler.

Inovasi ini sengaja di sematkan Apple untuk memudahkan pengguna yang kerap melakukan perjalanan internasional.

Dengan begini mereka tak perlu menggonta-ganti SIM card saat berada di negara yang berbeda.

Tak hanya itu menurut Mac Rumours, dengan dihilangkannya slot SIM card juga dapat membantu meningkatkan ketahanan iPhone 14 series terhadap air dan debu, karena membebaskan sejumlah ruang kecil yang tersemat di dalam perangkat ini.

Namun sayangnya layanan e-SIM ini tidak tersedia di semua negara, untuk memudahkan pengguna kemungkinan besar model iPhone terbaru masih dilengkapi dengan slot kartu SIM fisik.

Apple diperkirakan akan mengumumkan jajaran iPhone 14 selama acara khusus di acara Steve Jobs Theatre pada hari Rabu (7/9/2022) besok beserta produk lain termasuk model Apple Watch Series 8, Apple Watch SE baru, Apple Watch Pro, dan AirPods Pro baru.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini