News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Data Negara Bocor

Akun Twitter Resmi TNI AD Kembali Normal Setelah Diretas dengan Animasi Penguin

Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tampilan gambar unggahan penguin yang diunggah akun Twitter TNI AD saat diretas sejak Kamis (25/8/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Akun twitter resmi TNI Angkatan Darat (TNI AD), @tni_ad, kembali normal mulai hari ini Selasa (13/9/2022) siang setelah sempat diretas pada Kamis 25 Agustus 2022.

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com pada Selasa (13/9/2022) sore, akun tersebut sebelumnya menampilkan sejumlah unggahan animasi hewan pinguin saat diretas.

Kini tampilan akun tersebut  telah kembali normal dan menampilkan berbagai unggahan kegiatan TNI AD.

Unggahan animasi pinguin tersebut saat ini terpantau sudah tidak ditampilkan lagi di akun tersebut.

"TNI AD mengapresiasi pihak Twitter Indonesia yang telah membantu pemulihan akun Twitter TNI AD sehingga bisa beroperasi kembali seperti sedia kala dan telah membantu mengamankan akun ini dari aktivitas ilegal," kata keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AD pada Selasa (13/9/2022).

Saat ini, TNI AD terus mengevaluasi sistem pengamanan Siber yang dimiliki dan ke depannya, TNI AD akan mengambil langkah preventif untuk serangan siber.

Baca juga: Akun Twitter TNI AD Diretas, Tampilkan Gambar Penguin sejak 25 Agustus 2022

"Ke depan diambil langkah-langkah preventif yang dapat mengeliminir gangguan serangan siber dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap sistem Informasi maupun medsos yang dimiliki TNI AD," sambung keterangan tersebut.

Diberitakan sebelumnya akun Twitter resmi TNI Angkatan Darat (TNI AD), @tni_ad, diduga telah diretas sejak 25 Agustus 2022 lalu.

Baca juga: Akun Twitter TNI AD Diduga Diretas, Ini Respons Kadispenad Brigjen Hamim Tohari

Sejak tanggal 25 Agustus 2022, unggahan yang sebelumnya menampilkan kegiatan-kegiatan terkait TNI AD berubah menjadi sejumlah unggahan yang memuat gambar animasi pinguin dengan cuitan berbahasa Inggris.

Terkait hal tersebut, ketika dikonfirmasi Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Hamim Tohari mengucapkan terima kasih atas perhatian terhadap TNI Angkatan Darat.

"Saya merasa bahwa kebaikan TNI AD menjadi perhatian kita bersama. Untuk alasan keamanan di tengah ramainya isu peretasan data instansi maupun pejabat oleh hacker yang saat ini terjadi, kami sedang meningkatkan keamanan akun Twitter official kami dengan melakukan perubahan data sesuai permintaan pihak Twitter," kata Hamim ketika dihubungi Tribunnews.com pada Senin (12/9/2022).

Ia mengatakan saat ini pihak Twitter masih dalam proses verifikasi data yang diperlukan. Hamim juga berharap proses tersebut segera selesai.

"Saat ini pihak Twitter masih dalam proses verifikasi data-data yang diperlukan, dan mudah-mudahan proses ini segera selesaikan sehingga akun Twitter official TNI AD akan kembali operasional secara normal," kata Hamim.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini