News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kepincut Fitur Baru iPhone 14, Xiaomi dan Realme Ingin Tiru Dynamic Island dari Apple

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Dua pabrikan smartphone android asal China yakni Xiaomi dan Realme, dikabarkan tengah melakukan pembicaraan untuk mengadopsi fitur Dynamic Island pada produk mereka di masa depan.

Informasi tersebut diketahui publik setelah dua pabrik smartphone ini secara terang – terangan mempublikasikan komentar mengenai Dynamic Island, yang selama beberapa minggu terakhir jadi perbincangan hangat para netizen.

Dalam komentarnya Lu Weibing presiden dari Xiaomi menjelaskan bahwa pihaknya melihat ide tersebut sebagai sesuatu yang unik, akan tetapi mereka tidak akan menyematkan fitur tersebut dalam waktu dekat.

Pihak Xiaomi juga menyangkal dugaan Netizen terkait penyematan Dynamic Island pada gawai Redmi K60 yang akan dirilis di akhir tahun ini.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi Mix Fold 2, Ponsel Lipat dengan Chipset Snapdragon 8+ Gen 1

Sementara Realme tampaknya lebih tertarik dengan ide tersebut dan ingin menyematkan fitur tersebut dalam OEM (Original Equipment Manufacturer) android mereka, dikutip dari Androidpolice.

“Kami lihat ide ini cukup menarik, Realme telah memutuskan untuk benar-benar mendengar saran tentang bagaimana fitur software ini dapat diimplementasikan pada perangkat Realme, apa mungkin di masa depan?" jelas pihak Realme di dalam forum, Rabu (21/9/2022).

Belakangan Dynamic Island jadi satu poin pembicaraan panas di antara para pecinta produk Apple, dirilis untuk melengkapi tampilan iPhone 14. Dynamic Island dibuat guna menampung komponen Face ID dan kamera depan TrueDepth 12 MP.

Menariknya fitur ini dirancang sebagai notch yang interaktif dan dinamis. Berkat dukungan chip terbaru Apple A16 Bionic dan iOS 16, Dynamic Island mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang (background).

Misalnya aplikasi maps, musik, timer, perekam audio, hingga aplikasi pihak ketiga.

Animasi yang ditampilkan nantinya akan disesuaikan dengan aplikasi yang sedang dibuka pengguna.

Sehingga, Ketika animasi ditekan lama, pengguna dapat melihat tampilan informasi terkait aplikasi yang sedang dijalankan.

Kecanggihan ini yang kemudian membuat Xiaomi dan Realme kepincut dengan fitur baru yang dihadirkan Apple pada gawai anyarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini