News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kompetisi I-Start Jadi Ajang Generasi Muda Kembangkan Perusahaan Rintisan

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

I-Start sebuah kompetisi untuk mewadahi generasi muda berinovasi.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekitar 2.305 perusahaan rintisan (startup) dan delapan di antaranya telah berhasil menjadi unicorn di Indonesia. 

Fakta ini mendorong Bakrie Group menggelar kompetisi I-Start untuk mewadahi generasi muda mengembangkan perusahaan rintisan mereka.

Ketua Pelaksana 80 Tahun Bakrie Aninditha Anestya Bakrie mendorong semangat anak muda yang biasanya terkendala oleh minimnya akses pendanaan dan kurangnya mentoring dalam menjalankan bisnis rintisan.

Baca juga: Marak Startup Berguguran, John Riady:Usaha Rintisan Masih Sangat Membutuhkan Likuiditas yang Tebal

 
“Pemikiran inilah yang mendorong Bakrie Group untuk menyelenggarakan kompetisi I-Start, sebagai komitmen kami dalam memberikan fasilitas bagi generasi muda Indonesia agar dapat berkontribusi menjawab kebutuhan masyarakat di berbagai sektor,” ujar Ditha sapaannya di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Ditha, yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bakrie Global Ventura (BGV) mengatakan, generasi penerus bangsa harus turut serta membangun negeri. 

Salah satunya adalah dengan membangun perusahaan rintisan (startup) bus listrik yang saat ini dijalankan oleh PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR).

PT VKTR Teknologi Mobilitas adalah perusahaan rintisan di bidang manufaktur elektrifikasi transportasi dan ekosistem telematika. 

Perusahaan ini telah menandatangani kerja sama strategis dengan sejumlah pihak, di antaranya produsen kendaraan listrik terkemuka dunia BYD Auto, produsen baterai ramah lingkungan asal Inggris BritishVolt.

“Semangat membangun startup itu juga ada dalam denyut nadi Bakrie Group, dalam wujud elektrifikasi transportasi dan bertujuan akhir membantu mengurangi buruknya kualitas udara akibat polusi,” terang Ditha.

Baca juga: Presiden Jokowi Sebut 80-90 Persen Startup Gagal Saat Merintis

 
Adapun kompetisi I-Start yang sudah dimulai sejak tanggal 20 Mei hingga 10 Juni 2022 yang merupakan komitmen Bakrie Group dalam mendorong kreatifitas dan inovasi anak-anak muda Indonesia.
 
Dari proses seleksi yang cukup panjang, didapat 20 nama semi finalis yang akan berkompetisi langsung pada tanggal 28 September 2022 yang berlokasi di Bakrie Tower, Jakarta. 

CEO dan Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk Anindya Novyan Bakrie menambahkan anak muda menjadi inspirasi dalam usaha untuk membangun negeri.

"Melalui kompetisi I-Start ini besar harapan kami agar dapat memfasilitasi ide serta terobosan anak muda dengan merintis sebuah startup," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini