News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Review realme 10 Pro+ 5G, Smartphone Kelas Menengah dengan Layar Lengkung dan Desain Premium

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

realme 10 Pro+ 5G

TRIBUNNEWS.com – realme 10 Pro+ 5G akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia pada hari ini, Selasa (10/1/2023). Smartphone terbaru dari realme ini tampil premium dengan layar yang apik yang tentunya siap memanaskan persaingan smartphone kelas menengah di Indonesia di awal tahun 2023 yang baru berjalan dalam hitungan hari.

Didukung peningkatan di sektor layar dan desain, smartphone ini dipasarkan dalam varian warna Hyperspace dan Dark Matter.

Flash sale realme 10 Pro+ 5G sendiri bisa diikuti di situs web realme.com/id dan platform belanja online Shopee.

Di kelas menengah, realme 10 Pro+ 5G ini layak dipertimbangkan karena hadir dengan layar dan desain layaknya smartphone high-end sehingga tampil premium. Bodinya pun tipis dengan ketebalan hanya 7,78 mm dan bobot hanya 173 gram untuk varian Dark Matternya sedangkan 7,95mm dan 175 gram untuk varian Hyperspace.

Hal istimewa lainnya adalah smartphone ini sudah memiliki konektivitas 5G, prosesor Dimensity 920, kamera 108MP dan pengisian daya cepat 67W SuperVOOC yang dapat mengisi 50 persen baterai hanya dalam waktu 17 menit.

Seperti apa sesungguhnya performa realme 10 Pro+ 5G ini? Berikut ulasannya:

Layar Lengkung Pertama realme

realme 10 Pro+ 5G merupakan smartphone pertama realme yang memakai layar lengkung. Layar lengkung sendiri dulunya hanya ada di smartphone di kelas flagship dan realme berani memberikannya di kelas menengah. Layar lengkung inilah yang membuat tampilan keseluruhan realme 10 Pro+ 5G menjadi wah.

Tidak hanya itu, bezel layar tampil tipis sehingga memberikan pengalaman visual yang luas. Panel layar AMOLED-nya memberikan tampilan warna yang tajam bahkan saat di siang hari. Layarnya juga didukung 120Hz refresh rate yang sangat mulus untuk scrolling.

Terdapat pula fitur 2160 HZ PWM Dimming untuk mempertahankan akurasi warna serta memberikan kenyaman mata saat menggunakan smartphone terlalu lama. Bahkan realme 10 Pro+ 5G menjadi smartphone layar AMOLED pertama yang mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland Flicker Free, dan juga disertifikasi oleh TÜV Rheinland Low Blue Light.

Jangan takut salah sentuh saat menggunakan layar lengkung realme 10 Pro+ 5G ini karena terdapat algoritma anti-mistouch untuk mengurangi kesalahan sentuh!

Desain Hyperspace yang Terlihat 'Wah'

Tim Tribunnews mendapatkan unit realme 10 Pro+ 5G berwarna Hyperspace dengan RAM 12GB yang dapat ditingkatkan secara virtual hingga 12GB, yang juga disertai dengan memori internal 256GB.

Dalam boks penjualan, terdapat satu unit realme 10 Pro+, 67W SuperVOOC Charger, kabel USB Type-C, soft case pelindung bodi, film pelindung layar, SIM card ejector, buku panduan manual, serta kartu garansi.

Di bagian sisi atas bodi, terdapat satu buah speaker dan 1 buah mikrofon. Sisi sebelah kanan bodi ada tombol fisik volume dan lock/power sedangkan sisi sebelah kiri bodi mulus tidak ada apa-apa. SIM card tray, port USB type-C dan speaker bertempat di sisi bawah smartphone.

Beralih ke bagian belakang bodi, realme 10 Pro+ 5G mengadopsi desain Hyperspace dengan pola Prism Acceleration yang mengkilap. Secara keseluruhan, desain bodi smartphone ini memberikan kesan premium dan nyaman saat digenggam.

Kamera Belakang 108MP ProLight

Pada bagian kamera, realme 10 Pro+ 5G dibekali dengan lensa kamera utama 108MP ProLight Camera untuk mendukung kejernihan dan ketajaman gambar di malam hari. realme turut melengkapinya dengan beragam fitur-fitur kamera yang canggih.

Fitur fotografi yang disediakan realme 10 Pro+ 5G antara lain 9-in-1 Pixel Binning, HyperShot Imaging Architecture, QuickShot Acceleration Engine, Street Photography 3.0, Mode 108MP, Mode Group Portrait Super, HDR, Night Mode dan One Take.

Foto kamera utama 108 MP realme 10 Pro+

Kamera belakangnya terdiri dari tiga lensa, masing-masing 108 MP ProLight (f/1.75), kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2), dan kamera 4cm Ultra Macro.

Lensa utamanya sangat berguna untuk membuat foto serta merekam pemandangan dengan hasil yang sangat jernih dengan detail foto tertentu dan menggandakan tekstur keseluruhan.

Foto kamera Ultra-Wide realme 10 Pro+

Sementara, lensa ultra-wide nya memungkinkan untuk menangkap foto yang lebih lebar sehingga memberikan perspektif foto lebih luas. Lensa makro 4cm nya membantu pengguna untuk mengambil objek foto-foto makro dengan pengambilan foto dari jarak 4cm ke objek.

Kamera depannya beresolusi 16MP dengan fitur Mode Portrait untuk memberikan efek bokeh pada foto selfie, beauty effect untuk mempercantik wajah dan filter foto. Foto selfie dari realme 10 Pro+ 5G memberikan tampilan kulit yang alami dan halus dengan mudah dan cepat.

Performa dan Memori

Hal istimewa lainnya di realme 10 Pro+ 5G adalah kapasitas penyimpananya yang besar mencapai 256GB dan RAM 12GB dengan DRE (Dynamic RAM Expansion) Technology. Teknologi tersebut bisa mengkonversi ROM menjadi virtual RAM.

realme 10 Pro+ 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 920 sehingga performanya bisa untuk digunakan untuk kegiatan apapun. Prosesor ini mendukung jaringan 5G dengan kecepatan hingga 2,77Gbps berkat Dual Carrier Aggregator. Bahkan smartphone ini mendukung 44 streaming bands di 150+ kota di seluruh dunia.

Proses fabrikasi 6nm di Dimensity 930 memberikan performa yang lebih baik namun tetap hemat daya. Peningkatan frekuensi CPU main core dari 2,4GHz ke 2.5GHz, meningkatkan performa single core hingga 4%. Dipadukan dengan GPU Mali G68 MC4, yang meningkatkan frekuensi GPU, dan performa gaming hingga 9%. Pengguna dapat memotret 35% lebih detail dibanding generasi chip Dimensity sebelumnya.

Hasil AnTuTu Benchmark untuk realme 10 Pro+

Untuk mendukung jeroan yang superior tersebut, realme menyisipkan Android 13 dan realme UI 4.0 yang responsif. realme 10 Pro+ 5G sendiri menjadi smartphone pertama realme yang dirilis dengan realme UI 4.0.

Baterai 5.000 mAh

Untuk kebutuhan daya, realme 10 Pro+ 5G didukung baterai berkapasitas besar 5000mAh dengan teknologi 98% efisiensi konversi pengisian daya untuk memaksimalkan waktu penggunaan smartphone.

Kapasitas baterai jumbo ini didukung pula dengan teknologi pengisian cepat 67W SUPERVOOC dengan konektor tipe-C yang membuat proses pengisian baterai 5000mAh bisa penuh lebih cepat.

Mengutip hasil tes internal di lab realme, 67W SUPERVOOC dapat mengisi 50% daya baterai hanya dalam waktu 17 menit. Untuk mengisi penuh baterai, realme 10 Pro+ 5G hanya membutuhkan waktu 47 menit.

Fitur Lainnya

realme 10 Pro+ 5G memiliki fitur-fitur lainnya untuk melengkapi pengalaman penggunaan sebuah smartphone. Salah satunya adalah NFC untuk mengisi ulang uang elektronik, Tactile Engine 2.0 untuk memberikan sensasi getar berkualitas tinggi serta speaker stereo untuk menghasilkan suara Hi-Res.

Kesimpulan

Hanya dari perspektif desain dan layar, realme 10 Pro+ 5G mendobrak batasan yang sudah seharusnya ada di smartphone kelas menengah. Smartphone ini juga didukung oleh kamera utama yang lebih dari layak di segmennya.

Kelemahannya adalah, realme UI sarat akan bloatware yang sebenarnya bisa diuninstall secara manual. Namun jika dikesampingkan, realme 10 Pro+ 5G akan menjadi smartphone yang menarik di kelas menengah.

realme 10 Pro+ 5G ini bisa kamu dapatkan melalui e-commerce terbaik di Indonesia, yaitu Shopee, atau bisa juga langsung kunjungi link resmi realme.com!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini