News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Internet Makin Ngebut, Korea Selatan Siap Luncurkan Jaringan 6G di 2028

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemerintah Korea Selatan mengumumkan rencana peluncuran jaringan 6G pada 2028 mendatang, dua tahun lebih awal dari jadwal semula.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Korea Selatan terus mengembangkan teknologi baru dalam hal koneksi internet di masa depan. Baru-baru ini, Pemerintah Korea Selatan mengumumkan rencana peluncuran jaringan 6G pada 2028 mendatang, dua tahun lebih awal dari jadwal semula.

Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan mengatakan rencana itu dilakukan untuk mengamankan dominasi awal frekuensi nirkabel di masa depan.

Di bawah rencana K-Network 2030, Seoul akan memajukan peluncuran layanan komersial jaringan 6G selama dua tahun melalui pengamanan teknologi 6G kelas dunia, inovasi jaringan seluler generasi mendatang berbasis perangkat lunak, dan memperkuat rantai pasokan jaringan.

Rencana lanjutan juga bertujuan mendorong perusahaan lokal untuk memproduksi bahan, suku cadang, dan peralatan untuk teknologi 6G di dalam negeri, dan untuk mengembangkan Radio Access Network atau RAN terbuka yang kompatibel dengan perangkat seluler apa pun dan memungkinkan operator seluler serta perusahaan menawarkan layanan yang fleksibel.

Kementerian terkait juga sedang melakukan studi kelayakan untuk proyek penelitian dan pengembangan teknologi inti 6G senilai 481,7 juta dolar AS, mengingat permintaan untuk meningkatkan kecepatan akses internet yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah dalam komunikasi nirkabel terus meningkat.

Baca juga: Desain Baru Galaxy S23 Ultra 5G Tampilkan Logo BMW M di Casing

Dengan langkah ini, Korea Selatan berharap dapat segera menerapkan teknologi nirkabel generasi berikutnya untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini