News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Imbas Krisis, Macbook M3 Batal Dirilis Dalam Acara Apple Event

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perangkat flagship besutan Apple yakni Macbook bertenaga chip M3 batal dirilis dalam acara Apple Event yang digelar secara online via YouTube Apple pada Selasa (12/9/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Perangkat flagship besutan Apple yakni Macbook bertenaga chip M3 batal dirilis dalam acara Apple Event yang digelar secara online via YouTube Apple pada Selasa (12/9/2023).

Hal tersebut diungkap oleh analis Apple Ming-Chi Kuo, melalui unggahan terbarunya Kuo memprediksi Apple tidak akan meluncurkan lini MacBook bertenaga M3 dalam waktu dekat.

“Kemungkinan besar Apple tidak akan meluncurkan lini MacBook bertenaga M3 di akhir tahun ini.” jelas postingan Ming-Chi Kuo.

Baca juga: Smartphone Fotografi Vivo V29 Rilis di Indonesia, Harga Mulai Rp 5,99 Jutaan

Apple sendiri hingga kini masih belum memberikan pernyataan resmi kapan peluncuran Macbook M3 akan dilangsungkan. Namun menurut analisis Kuo, laptop dengan chip M3 Mac “entry-level” ini akan diluncurkan tahun depan, usai produksi chip M3 di pabrik TSMC berjalan stabil.

Melansir dari The Verge, selama beberapa bulan terakhir pabrik TSMC mengalami perlambatan produksi akibat terkendala krisis rantai pasokan, serta membengkaknya anggaran pendanaan ditengah inflasi.

Alasan tersebut yang memicu produksi chip M3 di pabrik baru TSMC melambat. Hingga berakibat pada batalnya perilisan sejumlah lini MacBook yang ditenagai chip M3 seperti MacBook Pro 13 inch, MacBook Air 13 dan 15 inci, serta Mac Mini.

Spesifikasi Chip M3

Mengutip dari GSMArena, chip M3 kabarnya dibekali 18 inti grafis serta memori 36 GB. Chip ini disebut-sebut memiliki desain arsitektur 3 nm, sehingga mampu menunjang banyak inti pada sebuah chipset.

Karena spesifikasinya cukup tinggi, chip ini bahkan diklaim jadi produk semikonduktor Apple tercanggih. Lebih unggul ketimbang kinerja dan efisiensi daya yang dihasilkan chip M2 generasi saat ini yang hanya dibuat menggunakan prosesor 5nm.

Baca juga: Larangan Pakai iPhone oleh Presiden Xi Jinping Bikin Apple Store di China Sepi Pembeli

Lebih dari itu, chip M3 juga menampilkan CPU 8-core dan GPU 10-core, yang sengaja didesain untuk menunjang kinerja perangkat elektronik kelas atas.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini