News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kecerdasan Buatan Bikin Tindak Kriminalitas Makin Berkembang dan Canggih

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Direktur Secom Indonesia Teruo Inami saat seminar Secom Solution Day 2023 di Jakarta.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang pesat dan pengaruhnya kepada keamanan mendapat perhatian serius dari para ahli di bidang keamanan.

Teknologi AI membuat industri keamanan melakukan transformasi berbagai layanannya dengan inovasi terkini dan kondisi ini tak hanya berlaku pada keamanan siber, tapi juga layanan dan produk keamanan secara keseluruhan.

Presiden Direktur Secom Indonesia Teruo Inami mengatakan, saat ini tantangan yang harus diperhatikan adalah menemukan cara yang efektif dalam menerapkan teknologi AI pada berbagai bentuk layanan dan produk keamanannya agar dapat memberi solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis.

"Perlu diperhatikan teknologi AI juga membuat praktik kriminalitas ikut berkembang dan menjadi lebih canggih sehingga diperlukan antisipasi yang tepat dari penyedia layanan dan produk keamanan untuk mengatasinya," katanya saat seminar Secom Solution Day 2023 yang bertema AI Technology and Its Impact on Securing Your Business di Jakarta belum lama ini.

Secom merupakan pelaku industri layanan keamanan di Jepang yang berekspansi ke Indonesia pada tahun 1994 dan menyediakan layanan dan sistem keamanan yang komprehensif dan terintegrasi.

Teruo Inami menyebutkan, berdasarkan sebuah studi berjudul Artificial Intelligence and National Security yang diadakan pada 2017 di Belfer Center Study, AS bahwa teknologi AI yang semakin canggih dapat menyebabkan pemalsuan audio dan video terjadi dengan lebih cepat, mudah, dan murah di masa depan.

Baca juga: Penerapan Teknologi AI di Dunia Hukum Bermanfaat Bagi Para Praktisi

"Pemalsuan ini diprediksi akan menyebabkan banyak data dan informasi diragukan kebenarannya," katanya.

Terkait seminar, Teruo mengatakan, dibahas tentang teknologi AI dan dampak transformatifnya terhadap keamanan bisnis karena perkembangan teknologi yang semakin canggih dan cerdas membuat tantangan keamanan yang dihadapi oleh sektor bisnis akan terus berubah.

Baca juga: Tren Pertumbuhan Teknologi AI di Indonesia Diprediksi Tumbuh 27 Persen di Tahun 2027

"Secom Solution Day 2023 diadakan untuk berbagi informasi dan menambah wawasan para pemilik bisnis mengenai solusi keamanan menyeluruh yang berbasis teknologi AI, dan bagaimana mereka bisa memanfaatkan solusi keamanan terkini ini untuk melindungi bisnis mereka dari berbagai ancaman dan potensi kejahatan,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini