News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Samsung akan Rombak Ponsel Lipat Berikutnya, Disebut Bakal Lebih Lebar, Tipis dan Menarik

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dikabarkan akan hadir dengan desain lebih tipis dan lebar.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Samsung telah meluncurkan ponsel lipat terbarunya yakni Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 pada Agustus 2023.

Beberapa bulan setelah peluncuran, rumor mengenai penerusnya pun telah mulai muncul ke publik.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa raksasa teknologi asal Korea Selatan akan merombak desain dari ponsel lipat Galaxy Z Fold yang akan datang.

Baca juga: Harga HP Vivo Y100 Dibanderol Mulai dari Rp3.899.000, Cek Spesifikasinya

Meskipun Z Fold5 saat ini dianggap baik, ia tidak memiliki faktor "wow" dari beberapa perangkat lipat pesaingnya.

Sebuah paten baru-baru ini menunjukkan bahwa Samsung berencana membuang tampilan “telepon gemuk” demi profil yang lebih ramping, namun tidak mengorbankan kegunaannya. Perusahaan mungkin memahami bahwa perangkat lipat yang sangat tinggi tidak cocok untuk semua orang.

Sebaliknya, rumor mengarah ke perangkat yang lebih luas dengan layar dalam dan luar yang lebih besar. Desain yang lebih lebar ini mungkin juga berarti rasio aspek yang berbeda, sehingga membuat ponsel tidak terasa seperti tablet yang tinggi dan sempit saat dibuka.

Samsung juga dapat menghadirkan desain engsel baru dengan beberapa wadah, yang mendistribusikan tekanan secara lebih merata ke seluruh layar dan berpotensi mengurangi lipatan pada layar bagian dalam.

Paten tersebut juga menunjukkan tata letak kamera baru dengan modul tepat di bagian belakang, tetapi tidak jelas apakah hal ini mencerminkan hal tersebut.

Meskipun desain akhirnya mungkin berbeda, Z Fold6 kemungkinan besar akan lebih tipis dan lebar. Selain itu, laporan terbaru menunjukkan bahwa Samsung sedang mempertimbangkan pengembangan versi Z Fold6 yang lebih terjangkau.

Keputusan meluncurkan Galaxy Z Fold yang ramah anggaran diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar Samsung di segmen smartphone lipat. Saat ini merek asal Korea Selatan itu menduduki posisi ketiga dengan pangsa 19 persen, tertinggal di belakang Huawei dan Honor yang mendominasi pasar.

Galaxy Z Fold dengan harga terjangkau diperkirakan akan debut pada paruh kedua 2024, kemungkinan besar bersamaan dengan peluncuran Z Fold6 dan Z Flip6 di acara Unpacked Samsung mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini