News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Review realme 13+ 5G: Smartphone Performance Beyond Limits untuk Ngegame dan Segala Aktivitas

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

realme 13+ 5G.

TRIBUNNEWS.COM - Industri smartphone masih terus bergerak cepat dan realme sebagai salah satu pemain yang konsisten memposisikan dirinya sebagai merek yang menghadirkan perangkat ber-value tinggi dengan harga yang kompetitif.

Dengan realme 13+ 5G, realme memfokuskan para gamer dan mereka yang membutuhkan performa terbaik di kelasnya. Ponsel ini juga menjadi Official Gaming Phone 2024 Honor of Kings Championship, yang artinya realme 13+ 5G digunakan oleh Pro Player di turnamen tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keandalannya di penggunaan sesungguhnya, simak penjabaran di bawah ini.

  • Performa 

Menjadi fokus utama yang dijual, realme 13+ 5G ditenagai oleh MediaTek Dimensity 7300 Energy 4nm SoC terbaru yang mengemas inti s4X Arm Cortex-A78 dengan kecepatan hingga 2.5GHz, dipasangkan dengan inti 4X Arm Cortex-A55. Menjanjikan peningkatan efisiensi energi sebesar 30 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Ponsel ini memiliki area pendingin vapor chamber stainless steel 9 lapis seluas 6050mm⊃2; untuk membantu menjaga suhu tetap dingin. 

Selama diuji, suhu maksimal mencapai maksimum 40 derajat celsius di dalam ruangan dengan menggunakan konektivitas Wi-Fi, namun hasil ini mungkin berbeda jika berada di luar ruangan.

Tak ditemukan masalah atau frame drop pada game dengan grafis intensif seperti Genshin Impact. Ada juga game yang mendapatkan 90fps di judul-judul populer, seperti Free Fire dengan GT Mode aktif. Bahkan, game Honor of Kings dan MLBB realme 13+ 5G mampu mendapatkan 120fps.

Fitur gaming selain GT Mode di realme 13+ 5G meliputi:

  • Geek Power Tuning: Menyesuaikan frekuensi CPU dan GPU untuk performa terbaik.

  • Quick Startup: Memulai game dengan cepat dengan waktu load yang minimal.

  • Dedicated Gaming Memory: Dukungan hingga 7 game di background.

  • Game Filter: Efek visual yang disempurnakan untuk gameplay yang lebih jelas.

  • Voice Changer: Efek suara untuk memperkaya pengalaman bermain game dan menjaga privasi.

  • Games Focus Mode: Memblokir notifikasi agar gamer tetap fokus.

realme 13+ 5G memiliki RAM hingga 12GB (+14GB virtual) berjenis LPDDR4X. Kelas RAM yang lebih tinggi dan mengkonsumsi lebih sedikit energi serta menawarkan kemampuan hemat daya lebih baik, memberikan multitasking dan peralihan aplikasi yang lancar.

Storage 256GB UFS 3.1 juga membuat pengunduhan file lebih cepat dan lancar. Transfer file, aksi copy-paste, dan menerima file dari perangkat lain juga berjalan sangat cepat.

Dalam penggunaan di dunia nyata, ponsel ini tidak melambat selama melakukan tugas sehari-hari contohnya bergantian aplikasi media sosial seperti Instagram dan TikTok, menonton video YouTube, atau bahkan game. Multi-tasking juga tidak menjadi masalah bagi realme 13+ 5G.

realme 13+ 5G mendapatkan TÜV SÜD Lag-free Mobile Gaming Certificate pertama di dunia, menerima peringkat S-level untuk kelancaran dan kinerjanya di kondisi penggunaan standar esports. Sertifikasi ini menunjukkan kemampuan ponsel untuk menghadirkan pengalaman game tanpa gangguan dan frekuensi gambar yang tinggi.

Speakernya cukup kencang dan mengeluarkan audio yang jernih dan jelas, meski di tingkat sekitar 80 persen.

Berikut hasil benchmark realme 13+ 5G di berbagai aplikasi:

Ponsel ini menggunakan layar datar AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz. Layar tersebut memiliki performa yang baik di sektor kecerahan.

Di dalam ruangan, konten dapat dengan nyaman didapatkan pada kecerahan bawah setengah, karena standar layarnya cukup terang. Di luar ruangan layarnya juga cukup jelas dalam menampilkan konten. Layar ini juga bersertifikasi HDR dan berfungsi dengan sangat baik untuk menonton video yang mendukung di YouTube.

  • Baterai 

realme 13+ 5G mengusung baterai 5000mAh, yang mampu memberi SOT 6,5 jam yang cukup konsisten. Hal ini menandakan tingkat cukup baik untuk bertahan sepanjang hari.

Masalah charging juga cepat di sini, dengan dukungan 80W SUPERVOOC menggunakan aksesori bawaan, ponsel ini membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai kapasitas sekitar 50 persen dan sekitar 40 menit hingga penuh.

  • Kamera 

realme 13+ 5G hadir dengan konfigurasi kamera ganda, yaitu kamera belakang 50MP dengan sensor Sony LYT-600 dengan OIS, dan kamera portrait 2MP.

Di siang hari, kamera utama mengambil foto yang baik dengan warna yang mendekati alami dan detail yang cukup.

Dynamic range terlihat lebih baik dengan mengaktifkan fitur HDR otomatis. Kamera ini juga dapat digunakan untuk zoom hingga 20X, namun untuk menjaga kualitas gambarnya mungkin lebih baik tetap di Zoom 2x.

Bagi para penggemar selfie, kamera dengan resolusi 16MP ini mampu menangkap bidikan yang mendetail. 

Berikut adalah contoh foto yang diambil dengan kamera utama realme 13+ 5G: 

 

 

  • Desain 

Smartphone ini tersedia dalam dua warna, Victory Gold dan Dark Purple. Buat kamu yang suka banget dengan warna mencolok, warna emas adalah pilihan yang tepat.

Bagian belakang smartphone ini cukup baik dalam menahan sidik jari, meskipun cukup mengilap. Kekokohan struktur juga patut diacungi jempol karena terasa solid tidak terasa kopong atau murah, dengan kata lain memberikan kesan yang premium. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP65 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

  • Antarmuka 

Ponsel ini berjalan di realme UI 5.0, berbasis Android 14 dan cukup kaya dengan berbagai fitur kustomisasi, salah satunya always on display. Yang juga dapat ditemukan adalah sejumlah aplikasi prainstal yang bisa dihapus jika tidak berkenan.

Bicara fitur AI, realme 13+ 5G hadir dengan dua fitur utama: AI Clear Voice untuk kualitas panggilan yang lebih baik dan AI Smart Loop untuk menyederhanakan proses berbagi konten. 

Melihat segala keunggulannya, realme 13+ 5G ini bisa menjadi smartphone gaming terbaik di segmen kelas menengah. Dengan chipset baru Dimensity 7300 Energy, sistem pendingin yang canggih, dan dukungan game hingga 120fps, ponsel ini adalah pilihan yang tepat bagi para penggemar gaming mobile.

Layarnya yang cerah dan tajam, daya tahan baterainya yang baik, kemampuan charging yang cepat, dan kamera utama yang mumpuni membuat realme 13+ 5G smartphone yang juga andal untuk aktivitas harian.

Diluncurkan bersamaan dengan realme 13+ 5G, realme ikut menambah koleksi TWS-nya dengan realme Buds T310. Tampil menarik, TWS ini datang dengan tiga pilihan warna seperti ungu, putih, dan hitam. Meski terbuat dari plastik, case beserta earbuds-nya tetap terasa kokoh dan cukup premium.

Memiliki sudut 45 derajat, realme Buds T310 dijamin memberikan pengalaman mendengarkan yang nyaman, bahkan untuk waktu yang lama karena posisinya pas di telinga. 

realme Buds T310 menyajikan kualitas suara yang mengesankan di segmen harganya. Bassnya dalam, kuat, dan kaya tanpa terlalu berlebihan. Terdapat equalizer dengan menggunakan aplikasi realme Link untuk meningkatkan vokal dan treble agar sesuai dengan preferensi.

TWS ini menawarkan Active Noise Cancellation (ANC) 46dB. Sederhananya, di lingkungan dalam ruangan yang lebih tenang, ANC 46dB mampu memblokir tingkat kebisingan yang baik. Sedangkan di lingkungan yang lebih bising, realme Buds T310 lebih menonjol, memberikan peredam bising yang lebih baik.

Dengan daya tahan baterai yang mumpuni, realme Buds T310 adalah pilihan yang solid mengingat harga yang dibanderolnya.

realme 13+ 5G tersedia dengan harga spesial Flash Sale Rp4.399.000 eksklusif di Shopee, akulaku, dan realme.com pada 25 Oktober 2024 mulai pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Review realme 13 Pro 5G: Sama Mewah dan Andal untuk Fotografi Seperti Saudaranya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini