News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tahun Baru 2015

Rute Liburan Menuju Puncak Macet Total, Masihkah Berpikir Tahun Baruan di Sana?

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Macet parah menuju Puncak, Jawa Barat.

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR -  Memasuki masa libur panjang pada akhir tahun, sejumlah ruas jalan menuju ke luar Jakarta macet parah sejak Rabu hingga Kamis (24-25/12). Antrean kendaraan mengular hingga beberapa kilometer. Kemacetan diperkirakan terus berlanjut hingga Tahun Baru.

Kemacetan panjang terlihat di Pintu Tol Ciawi dari arah Jakarta menuju Puncak. Kepala Shift Gerbang Tol Ciawi Alamsyah mengungkapkan, kemacetan sudah terjadi sejak Kamis pukul 04.00. ”Sejak subuh sudah terlihat antrean di depan pintu tol. Namun, kemacetan paling panjang terjadi pukul 08.00-09.00,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan pada pukul 11.00, kemacetan di depan Pintu Tol Ciawi mencapai lebih dari 1 kilometer. Antrean kendaraan terdiri dari mobil pribadi, angkutan umum, dan truk. Kepadatan kendaraan membuat laju kendaraan tak lebih dari 20 kilometer per jam.

Data dari Pintu Tol Ciawi menunjukkan, sebanyak 32.011 kendaraan melintas dari arah Jakarta menuju Ciawi. Senin lalu, jumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan ini 29.459 unit.

Kemacetan sudah terasa pada Rabu sore. Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan tol padat merayap. Di jalan lingkar, kepadatan terpantau mulai Jalan Veteran hingga Gerbang Tol Cikunir. Achmad Sutisna, Supervisor Informasi Lalu Lintas PT Jasa Marga, mengatakan, jalan tol dalam kota menuju Bandara Soekarno-Hatta padat sejak pukul 17.30 dan belum terurai hingga pukul 20.00.

Di bandara, puncak lalu lintas penumpang terjadi pada 24 Desember. Jumlah penumpang penerbangan domestik mencapai 75.936 orang dan penerbangan internasional 24.110 orang. ”Penumpang sehari sebelum Natal tahun ini meningkat 4,95 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Akses ke bandara macet total,” kata Ali Pasha, petugas piket Posko Natal dan Tahun Baru Bandara Soekarno-Hatta.

Pihak bandara memprediksi kenaikan jumlah penumpang akan berlanjut hingga 4 Januari 2015.

Puncak ditutup

Menjelang pergantian tahun, kepadatan arus lalu lintas di jalur Puncak-Ciawi-Sukabumi diperkirakan tetap terjadi. Kepolisian Resor Bogor mengimbau agar pengendara tetap melaju di jalur utama. Khusus pada 31 Desember, Polres Bogor menutup arus lalu lintas ke arah Puncak dari Gadog mulai pukul 18.00. Jalur akan dibuka lagi pada 1 Januari 2015 pukul 06.00.

Sejak Kamis siang, kereta rel listrik (KRL) dan bus transjakarta dipadati penumpang yang menuju tempat wisata. Selama libur Natal, semua rute kereta Jabodetabek dipadati penumpang ke tengah Ibu Kota ataupun ke Bogor. Jumlahnya diperkirakan sama dengan jumlah penumpang pada hari kerja sebanyak 730.000 orang per hari.

Manajer Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunissa mengatakan, PT KCJ menyiapkan 5-7 rangkaian KRL tambahan yang akan dioperasikan tanpa henti selama 24 jam.

(MDN/RTS/DEA/B07/B05/B08)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini