News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wisata Yogyakarta

Brongkos di Warung Bu Rini di Jogja Ini Melegenda Sejak 1973 Karena Sedapnya

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Brongkos di Warung Bu Rini di Jogja, melegenda sejak 1973.

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Hamim Thohari

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Bagi masyarakat Yogyakarta, kuliner yang satu ini cukup terkenal. Berkuah santan berwarna hitam adalah ciri khas kuliner bernama brongkos ini.

Di Yogyakarta sendiri terdapat beberapa tempat makan yang terkenal akan sajian brongkosnya, dan salah satu adalah warung makan Bu Rini.

Berada persis di sebelah timur Plaza Ngasem (besar pasar burung Ngasem), atau di Kampung Taman, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta warung makan ini telah ada sejak tahun 1973.

Adalah Bu Repan, yang dulu pertama kali berjualan brongkos.


Suasana Brongkos di Warung Bu Rini di Jogja, melegenda sejak 1973. - TRIBUN JOGJA/ HAMIM THOHARI -

"Dulu awalnya warung ini berada di dalam pasar burung Ngasem. Kemudian juga sempat pindah di pojok depan pasar, dan akhirnya pada tahun 2010 yang lalu pindah ke tempat ini," ujar Surami salah satu pegawai warung makan tersebut.

Setelah Bu Repan meninggal, usaha tersebut diteruskan oleh anaknya yang bernama Rini, sehingga warung tersebut dikenal dengan nama warung makan Bu Rini ada juga yang mengenal dengan nama Bu Repan.

Bertahan berjualan makanan sejak tahun 1973, membuktikan kualitas rasa di warung makan yang setiap harinya buka dari pukul 06.00 pagi hingga 18.00 ini.

Warna hitam yang merupakan ciri khas dari kuah brongkos akibat penggunaan kluwak sebagai bumbu utamanya. Selain kluwak, bumbu rempah lainya seperti bawang merah, bawang putih, sereh, lengkuas, daun salam, jahe, cabe rawit, menghasilkan cita rasa yang khas.

Sayur brongkos sendiri berisikan kacang tolo, tahu, koyor, dan telur. Untuk koyor dan telur tergantung permintaan pembeli.

Rasa dari hidangan ini, gurih, karena penggunan santan dan adanya kacang tolo, berpadu dengan pedasnya cabai rawit yang dibirakan utuh saat dimasak.

Meskipun telah diteruskan oleh generasi kedua, racikan bumbu dan cara memasaknya masih dipertahankan seperti awal mula warung tersebut berdiri.


Seporsi nasi plus sepiring brongkos. - (TRIBUN JOGJA/ HAMIM THOHARI)

Ada beragam pilihan lauk tambahan untuk menikmati brongkos seperti , perkedel, tempe goreng, peyek, krupuk karak dan beberapa lauk lainya. Selain brongkos, pengunjung warung Bu Rini juga dapat menikmati soto ayam kampung.

Selain rasanya juara, anda juga tidak perlu khawatir soal harga. Karena seporsi brongkos telur dapat dinikmati dengan harga Rp.13.500. Sedang untuk brongkos komplit (telur dan koyor) harganya cukup Rp.22 ribu.

Meskipun berada di gang kecil, warung makan Bu Rini ini cukup mudah ditemukan. Jika tiba di depan Plaza Ngasem, lihat arah timur, di tepi jalan anda akan menemukan papan nama warung makan ini yang berwarna hijau. (*

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini