News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sanggam Hutapea Apresiasi Menparekraf dan Dorong untuk Kunjungi Destinasi Wisata Sumatera

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemerhati dan pelaku pariwisata  Ir. Sanggam Hutapea, MM

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerhati dan pelaku pariwisata  Ir. Sanggam Hutapea, MM mengapresiasi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang berkunjung ke Sumatera Barat, dalam rangka membangkitkan pariwisata eksotis berbasis keindahan alam.

Sanggam Hutapea pun mendorong Sandiaga  Uno untuk mengunjungi destinasi  - destinasi  wisata lainnya yang ada di Sumatera, seperti di Bengkulu Jambi, Batam, Kepulauan Riau, sehingga  akan memberikan  gambaran yang utuh akan  potensi wisata di Sumatera, yakni mulai dari Aceh hingga Lampung.

Apa lagi di  Sumsel, Jambi dan Sumatera Utara juga ada banyak situs budaya Hindu yang ditandai dengan adanya sisa-sisa candi.

"Potensi wisata di Sumatera  begitu kaya akan  keindahan alam dan budayanya harus dikembangkan, karena itu saya selalu menyuarakan konsep Sumatera Adventure. Saya yakin jika pengembangan pariwisata di wilayah Sumatera ( Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Bengkulu, Kepulauan Riau,  Janbi, Sumatera Selatan, Lampung) menjadi satu kesatuan, maka Sumatera Adventure dapat menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat," ujar Sanggam Hutapea  kepada wartawan, Jumat  (23/4) di Jakarta.

Pengembangan wisata berbasis alam (nature) dan budaya (culture) di wilayah Sumatera , menurut Sanggam Hutapea, yang selalu rutin mengunjungi destinasi - destinasi wisata di dunia ini, merupakan  langkah yang tepat, sebab keseriusan Presiden Joko Widodo membangun infrastruktur untuk koneksi tol Jawa-Sumatera menjadi momen yang harus dimanfaatkan mengembangkan potensi-potensi wisata di Sumatera.

Baca juga: Menparekraf Sebut Beroperasinya Wisata Lokal Harus dengan Prokes Ketat

" Pembangunan infrastruktur  berupaya jalan tol Sumatera momen  yang  harus dimanfaatkan para gubernur di  wiilayah Sumatera mengembangkan potensi-potensi wisatanya, serta mewujudkan Sumatera Adventure  yang akan menantang para wisatawan untuk berpetualang menikmati keindahan alam, budaya, sejarah serta  kuliner di Sumatera,"  kata Sanggam .

Untuk mewujudkan Sumatera Adventure menjadi paket wisata, menurut Sanggam,  akan lebih  cepat dan mudah apabila para gubernur se-wilayah Sumatera membentuk  forum bersama, sebagai wadah melakukan pertemuan rutin guna memetakan potensi potensi wisata yang dimiliki masing-masing.

"Saya yakin setiap wilayah di Sumatera memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Potensi inilah yang digodok menjadi satu kesatuan sebagai paket wisata Sumatera Adventure," kata Sanggam yang sangat yakin  pariwisita  petualangan di wilyah Sumatera akan menjadi primadona .

Sanggam yakni kalau kepala daerah sudah satu persepsi dengan paket Sumatera Adventure dalam konsep pariwisata yang berkelanjutan, maka tidak ada lagi kata untuk saling bersaing 

Dia pun mendorong Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno lebih memperhatikan dan mengembangkan potensi pariwisata di wilayah Sumatera, sebagai salah satu pusat destinasi wisata dengan standar internasional.  

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini