News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penyelenggaraan Event Kelas Dunia, Momentum Promosikan Pariwisata Danau Toba  Ke Level Lebih Tinggi

Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sanggam Hutapea

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerhati dan pelaku pariwisata Ir Sanggam Hutapea yang  berapa tahun lalu mencetuskan idenya untuk menarik perhatian wisatawan dunia ke Danau Toba perlu melakukan terobosan berkelas dunia juga.

Salah satu idenya Sanggam menyarankan untuk mengundang komunitas-komunitas mobil  yang  dikemas  dalam sebuah event berkelas dunia seperti Lamborghini Touring De Toba, Ferari Touring De Toba dan Mercedes Benz  Touring De Toba.

Apa yang dicetuskan Sanggam berapa tahun lalu itu, tampaknya akan terwujud saat  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa Danau Toba memiliki potensi besar sebagai penyelenggara event internasional tematik.

Untuk itu dia meminta izin ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelenggarakan dua ajang olahraga internasional  di kawasan Danau Toba, seperti kejuaraan dunia perahu motor Formula 1 atau F1 H2O dan Tour de Danau Toba.

Menurut Sanggam penyelenggaraan kegiatan olahraga atau sport event berkelas dunia di Danau Toba, akan menarik wisatawan dunia ke Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi super prioritas yang sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Jajal Jalanan Kawasan Danau Toba, Presiden Jokowi Tunggangi Motor Custom Kawasaki W75

" Tentu penyelenggaraan kegiatan olahraga atau sport event berkelas dunia di Danau Toba akan menpercepat Danau Toba  menjadi salah satu destinasi super prioritas, apa lagi event internasional itu  masuk kelender pariwisata yang dilakukan  secara rutin, dan akan lebih menarik lagi jika ada event berkelas dunia di darat dengan mengundang komunitas- komunitas mobil seperti komunitas Lamborghini, Ferari atau  Mercedes Benz," kata  Sanggam Hutapea, Jumat (4/2/2022) di Jakarta.

Presiden Joko Widodo dan rombongan mengendarai sepeda motor saat kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022). Presiden Jokowi menunggangi Kawasaki W175 custom dari Simpang Sibisa, Kabupaten Toba, menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, sejauh 11 kilometer. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Lukas (Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Lukas)

Perlunya penyelenggaraan kegiatan olahraga atau sport event berkelas dunia di Danau Toba, sebab nama pariwisata Danau Toba sudah sempat tenggelam. Selama ini atau sejak tahun 1998 saat krisis ekonomi melanda dunia, hampir 20 tahun Pemerintah melupakan Danau Toba.  

Sejak tahun 1998, sampai sebelum Jokowi Presiden, tidak ada satu infrastruktur di bangun di kawasan Danau Toba. Potensi pariwisata Danau Toba itu baru dilihat kembali oleh pemerintah,  setelah Joko Widodo (Jokowi) jadi presiden, hingga sampai sekarang Pemerintah Indonesia memberikan perhatian lebih ke Danau Toba.

 " Jadi Penyelenggaraan kegiatan olahraga atau sport event berkelas dunia di Danau Toba bukan hanya momentum penting untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba ke level yang lebih tinggi,  tapi juga dapat mendatangkan nilai ekonomis bagi daerah hingga devisa bagi negara, ujar  Sanggam.

Selama ini, ujarnya, harus diakui masih sangat minim event wisata yang digelar di Danau Toba yang gaungnya secara nasional, maupun internasional. Untuk itu, dia menyarankan mengundang komunitas Ferrari untuk tourning ke Danau Toba, atau menggelar konser bertaraf nasional.

Terobosan seperti ini harus dilakukan dan jangan lagi membuat terobosan konvensional.

Sanggam  meminta kegiatan konvensional dievaluasi atau bahkan dihentikan. Dia pun mencontohkan pelaksanaan Festival Danau Toba, yang sudah digelar bertahun-tahun dan terbukti tidak mampu menarik wisata ke Danau Toba. Apalagi Festival Danau Toba itu terkesan hanya seremonial.

" Promosikanlah Danau Toba itu melalui penyelenggaraan  event berkelas dunia  dan  memanfaatkan eksistensi Duta-duta Besar Indonesia di seluruh dunia. Saya pikir akan efektif  untuk menjaring wisatawan, " katanya.

Sanggam Hutapea yang sudah mengunjungi berbagai daerah tujuan wisata dunia, mengakui banyak hal yang sebenarnya bisa diangkat dari keberadaan Danau Toba. Salah satu diantaranya, sejarah ilmiah pembentukan Danau Toba. Diakuinya jika sejarah terjadinya Danau Toba dinarasikan dengan baik akan sangat menarik.

Pasalnya Danau Toba itu terbentuk dari letusan gunung berapi raksasa bernama Gunung Toba sekitar 70 ribu tahun lalu. Danau Toba ini bukan hanya menjadi salah satu danau terbesar di dunia, tetapi Danau Toba bisa jadi merupakan danau terbesar yang lahir karena letusan gunung api.

Baca juga: Tinjau Penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Jokowi Singgung Potensi Besar Danau Toba

” Itu penelitian ilmiah, bahkan bisa jadi sejarah DNA ditentukan letusan Gunung Toba ini. Ketika Danau Toba terbentuk, artinya ada rantai DNA yang terputus. Sejarah terbentuknya Danau Toba sudah begitu dahsyat kalau dibikin narasinya. Jadi Danau Toba jangan hanya dilihat sebagai danau yang indah, tapi sejarah pembentukannya juga sangat dahsyat, baik secara ilmiah maupun secara geologis,” tukas Sanggam Hutapea.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini