News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bosan Terjebak dalam Kemacetan? Ini Tipsnya!

Penulis: Hizkia Dion Adiputra
Editor: Yulis Sulistyawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi jalan macet

TRIBUNNEWS.COM - Libur telah tiba. Tidak lengkap rasanya liburan tidak bepergian mengunjungi tempat wisata. Banyak masyarakat yang memutuskan untuk berlibur di luar kota atau kampung halamannya.

Tidak sedikit masyarakat yang pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadinya, terutama mobil. Padatnya arus lalulintas seringkali membuat kemacetan dan membuat perjalanan terasa begitu lama. Apakah anda juga mengalaminya? Berikut tips agar anda bisa menikmati perjalanan anda saat terjebak macet dijalan :

 1.  Mendengarkan musik

Hiruk pikuk jalanan yang padat terkadang membuat anda yang berada di dalam kendaraan merasa jenuh dan lelah. Mendengarkan musik merupakan salah satu cara untuk menikmati kemacetan dan mengurangi rasa jenuh di jalan. Anda bisa mendengarkan melalui radio, usb, maupun Compact Disc (CD), maupun Audio Tape  melalui audio player  yang ada di dalam mobil anda. Pilih stasiun radio atau musik yang anda sukai. Mendengarkan lagu yang anda suka dapat membuat anda lebih fresh dan tetap merasa nyaman dalam kemacetan. Selain mendengarkan,  tidak ada salahnya anda juga bernyanyi agar mengurangi rasa stress di jalanan yang padat.

 2.Bermain tebak-tebakan

Seringkali rasa bosan dirasakan oleh beberapa orang yang ada didalam kendaraan, terutama anak-anak. Kemacetan yang membuat perjalanan menjadi lama membuat anda tidak bersemangat. Cara menghilangkan rasa bosan dan membangkitkan semangat liburan anda kembali, salah satunya dengan bermain tebak-tebakan. Tidak perlu bermain tebak-tebakan yang sulit, bermainlah dengan topik yang cukup umum dan sederhana. Misalkan tebak-tebakan mengenai nama tokoh-tokoh pahlawan, artis, judul lagu, judul film, dan lain sebagainya. Pastinya dalam permainan tersebut ada pemain yang salah menebak dan bisa membuat anda tertawa dan membuat anda melupakan kemacetan di jalan.  Selain membuat anda fresh juga terdapat nilai edukasi dalam permainan ini.

 3. Makan cemilan

Liburan tidak lengkap rasanya jika tidak membawa makanan atau cemilan. Selain menjadi bekal saat berwisata, makanan ataupun cemilan bisa dimakan saat anda terjebak dalam kemacetan. Menunggu arus lalulintas kembali lancer juga sering membuat perut anda keroncongan, dengan makan makanan yang anda bawa dapat mengurangi rasa lapar saat berada dalam kendaraan. Juga jangan lupa sewaktu makan, tetap memperhatikan kebersihan mobil anda agar anda tetap merasa nyaman dalam perjalanan.

 4. Membaca

Membaca dapat menjadi salah satu solusi ketika anda menghadapi kemacetan. Anda bisa membaca buku, berita, koran, majalah melalui media cetak ataupun massa. Bacalah buku atau berita sesuai dengan topik yang anda sukai. Daripada anda bosan dan stress karena terjebak kemacetan, anda dapat menambah wawasan dan informasi. Selain itu,  anda juga bisa membaca informasi mengenai rute jalan yang bebas dari kemacetan, sehingga pada jalan berikutnya anda tidak terjebak dalam kemacetan kembali.

Penulis :

Hizkia Dion Adiputra

Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini