News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Calon Prajurit TNI AL Panda Surabaya Capai 1.585 Orang

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Calon Prajurit TNI AL Panda Surabaya Capai 1.585 Orang

Ditulis oleh : Lantamal V

TRIBUNNERS - Memasuki minggu kedua atau tepatnya 12 hari sejak dibuka pendaftaran ulang Senin, 11 April 2016 lalu, calon prajurit TNI AL tahun 2016 yang telah mendaftarkan ulang untuk mengikuti seleksi calon taruna/taruni dan calon bintara pria/wanita dari panitia daerah, Mako Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V), Surabaya sudah mencapai 1.585 orang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Panda III Surabaya, Mako Lantamal V penerimaan Calon Taruna/Taruni dan Calon Bintara Pria/Wanita TNI AL tahun 2016, Mayor Laut (KH) Iwan Riswanto, yang ditemui di lokasi pendaftaran ulang di Gedung Serba Guna, Mako Lantamal, Surabaya, Jumat (22/4/2016).

Menurut Iwan, masa pendaftaran masih tersisa enam hari lagi hingga Rabu, 28 April 2016 mendatang.

Ia memprediksi animo masyarakat untuk menjadi prajurit TNI AL masing tinggi.

Hal tersebut terlihat dari masih banyaknya calon pendaftrara yang masih antri untuk mendaftarakan dirinya baik menjadi calon taruna atau bintara TNI AL.

Jumlah 1.585 peserta tersebut lanjut Iwan merupakan data pendaftaran hingga pukul 10.00 WIB. Jumlah tersebut terdiri dari 1.333 calon bintara dimana 133 diantaranya calon bintara wanita, sedangkan untuk yang mendaftara calon taruna tercatat 252 orang dengan 15 diantaranya calon taruni.

Sementara itu Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, mengatakan, mengingat waktu pendaftaran yang masih tersisa seminggu lagi, Rudy mengajak pemuda dan pemudi terbaik bangsa ini untuk bergabung dan dididik menjadi perwira TNI  dan Bintara TNI AL dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara tercinta ini.

Orang nomor satu dijajaran Lantamal V ini pun menegaskan komitmen pimpinan TNI AL yang akan menjalankan proses rekrutmen personelnya secara profesional, objektif dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang ketat untuk mendapatkan calon taruna/taruni, bintara dan kowal terbaik sesuai dengan persyaratkan yang ditentukan.

“Segala yang diperlukan sudah disiapkan panitia seleksi, mulai dari tahap pendaftaran ulang seperti ini, tahapan seleksi uji pemeriksaan administrasi (Rikmin), kesehatan 1 kesehatan 2, kesehatan jiwa, uji jasmani, mental idiologi, psikologi, hingga sidang parade dan pantukhir daerah,”terangnya.

Untuk pelaksanaan test lanjutnya, akan di umumkan 28 April 2015 mendatang. Menurutnya, dengan banyaknya calon taruna maupun bintara yang mengikuti seleksi, akan berjalan ketat dan berlaku sistem gugur dalam artian calon peserta akan berguguran mulai dari uji rikmin dan tahapan selanjutnya.

Ia mengingatkan para peserta dan orang tua peserta tes, untuk mengabaikan bila ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan jasa atau bantuan bisa meloloskan peserta dalam saringan masuk menjadi taruna/taruni TNI dan bintara TNI AL dengan meminta sejumlah uang atau barang tertentu dan segera laporkan hal tersebut ke pihak panitia atau pihak berwenang.

“Bila ada yang menawarkan jasa bisa meloloskan dengan meminta uang dengan jumlah tertentu, yakinlah bahwa itu adalah penipuan, bila ada laporkan saya akan kita tangkap dan ditindak tegas,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini