News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Kemudahan Mengakses Tiket Kereta Api Via Teknologi

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNERS - Sekarang, membeli tiket Kereta Api Sangatlah mudah. Masyarakat tidak perlu lagi mengantri Berjam-Jam untuk memesan tiket kereta api (Check in di Stasiun).

Konsumen hanya tinggal memanfaatkan dan mencetak langsung tiket yang sudah dipesan dari Aplikasi baru yang sudah disediakan PT. KAI yang sudah bisa dinikmati sejak Bulan Oktober ini.

“Diluncurkan sejak awal Oktober dan sudah bisa diakses Diseluruh Indonesia,” ujar VP Public Relations PT.KAI Agus Komarudin.

Pengguna disajikan melalui fitur pengecekan ketersediaan kursi kosong yang ditampilkan secara real-time.

Fitur ini yang mungkin menjadi sedikit keunggulan bagi aplikasi KAI Access, karena selain dapat mencari harga dan jadwal yang diinginkan, fitur ini mungkin sangat berguna bagi penumpang yang ingin menghindari posisi kursi yang tidak diinginkan, seperti misalnya berdekatan dengan kamar kecil ataupun pintu gerbong.

Selain fitur tadi, aplikasi KAI Access juga menawarkan kemudahan lain seperti penerapan sistem pendaftaran profil yang wajib dimasukkan oleh data yang valid.

Profil lengkap ini nantinya akan secara otomatis dimasukkan ketika pengguna melakukan pemesanan.

Fitur ini jelas kembali memudahkan penumpang dalam mempersingkat sistem verifikasi check-in di stasiun yang kini diterapkan PT KAI untuk menanggulangi percaloan tiket.

Pendaftaran profil sendiri memang sedikit merepotkan di awal, namun ketika telah usai dilakukan, pemesanan tiket secara berulang di lain waktu dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus memasukkan data pribadi kembali.

Aplikasi KAI Access juga memungkinkan calon penumpang untuk membeli tiket kereta api di hari yang sama, hanya saja pembeliannya harus dilakukan 10 jam sebelum waktu kereta berangkat.

Segala kemudahan yang ditawarkan tadi juga ditopang dengan cukup baik oleh KAI Access perihal pembayaran tiket.

KAI Access telah menerapkan metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, transfer rekening, dan sejumlah payment point yang telah bermitra dengan PT KAI.

Untuk dua metode terakhir tadi, calon penumpang wajib memasukkan kode booking yang diberikan dan pembayaran wajib dilakukan 3 jam setelah pemesanan.

Dengan kehadiran aplikasi KAI Access, PT KAI semakin melengkapi layanan pemesanan tiket online yang tentu bisa semakin membantu mengurangi beban stasiun untuk menampung jumlah antrian calon penumpang yang kerap terjadi, terlebih jika memasuki musim liburan panjang.

PT KAI juga membuka pemesanan tiket lewat situs resminya. Sebagai salah satu perusahaan BUMN, PT KAI jelas bisa dikatakan telah berhasil untuk menerapkan sistem online untuk kemudahan masyarakat.

Hal ini tentu sepatutnya bisa menjadi motivasi bagi perusahaan penyedia layanan publik yang hingga kini belum menerapkan sistem online.

PENGIRIM: FATHUR RIFQI A/MAHASISWA

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini