News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2015

VIDEO Jemaah Haji Berburu Batu Akik di Jabal Uhud

Editor: Bian Harnansa
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan wartawan tribunnews.com : Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, MADINAH- Dalam sela-sela waktu menjalankan ibadah Arbain di Majid Nabawi, jemaah calon haji asal Indonesia pun berkesempataan melakukan ziarah ke tempat-tempat beraejarah di wilayah Madinah.

Satu diantaranya tempat yang banyak dikunjungi jemaah asalah Jabal Uhud. Tempat tersebut merupakan tempat bersejarah dimana di lembah bukit Uhud pernah terjadi peperangan besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriyah (Maret 625 Masehi) yang menyebabkan 70 pejuang mati syahid.

Mengunjungi bukit tersebut, Senin (31/8/2015) tribun melihat jemaah asal Indonesia sudah banyak dengan diantar bus dari pemondokan. Tampak mereka menaiki bukit tersebut dan mengabadikannya dengan kamera ponsel saat berada di puncak teraebut. Terlihat juga beberapa jemaah mengangkatkan tangannya untuk berdoa. Sumiati jemaah asal Sulawesi Tenggara mengungkapkan dengan berkunjung ke tempat tersebut diharapkan bisa menambah keimanannya kepada Allah. "Semoga dari sini keimanan kita bisa bertambah," ucapnya.

Di bawah bukit Jabal Uhud ratusan pedagang pun siap menyambut para jemaah yang ingin beebelanja mulai dari kurma, sejadah, serta oleh-oleh khas musim haji lainnya tersedia di tempat tersebut.

Menariknya pedagang batu akik pun ada di tempat tersebut. Dari beberapa penjual bati akik yang ada di areal parkir Jabal Uhud, tampak sejumlah pembeli yang merupakan jemaah asal Tanah Air berkerumun dan membeli batu akik sebagai oleh-oleh.

Abu Abdullah seorang pedagang batu akik ditempat tersebut menjelaskan bila batu yang dijajakan terdiri dari berbagai macam ada batu yang didatangkan dari India ada pula dari Arab Saudi sendiri. Selain batu akik ada juga batu imitasi yang terbuat dari plastik.

"Harganya untuk batu dari India dihargai 5 riyal, bila beli dua diberi bonus satu," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini