News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tepung Pempek Instan dan Praktis Siap Beredar

Editor: Bian Harnansa
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG - Kini makan atau membuat pempek tak lagi sulit. A D Murtaso bersama mahasiswanya di Fakultas Pertanian, jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Palembang menemukan inovasi baru agar masyarakat bisa mudah dalam membuat dan menikmati pempek.

Tepung Pempek Instan, tepung inilah yang menjadi buah karya A D Murtado bersama mahasiswanya, tepung yang berbahan dasar daging ikan dan tepung tapioka ini cara baru dan praktis dalam membuat pempek. Rasa dari pempek yang dibuat dari tepung pempek juga enak, teksturnya juga lembut dan yang paling penting pemoek yang dihasilkan juga tidak berbau.

Dosen Pembimbing sekaligus Ketua Tim Peneliti Tepung Pempek, A. D. Murtado mengatakan tujuan dari pembuatan Tepung Pempek Instan ini juga untuk membantu masyarakat yang merasa kesulitan atau merasa pernah gagal membuat pempek yang diinginkan terkadang pempek yang dibuat juga kejal tetapi dengan Tepung Pempek Instan, membuat pempek akan menjadi lebih mudah dan hasilnya juga terbukti enak.

Murtado juga mengatakan dengan adanya Tepung Pempek Instan yang diteliti selama 2 tahun ini kedepannya untuk masyarakat di luar Palembang tidak lagi merasa kesulitan dalam membuat pempek dengan cepat.

Menurut salah satu mahasiswa Murtado, Yanuar Rizki Trisna Ningrum pemasaran Tepung Pempek Instan ini sudah merambah hingga ke pulau Jawa seperti Solo, Yogyakarta, Semarang sedangkan untuk di Sumsel sudah sampai ke Muara Enim, Lahat, Sekayu, Musi Banyuasin. Untuk pemesanan Tepung Pempek praktis bisa langsung melihat atau menghubungi Fanpage Facebook Tepung Pempek dan akun Instagram: tepungpempek_instan.

Petunjuk pembuatan dalam membuat pempek dengan menggunakan Tepung Pempek Instan ini yaitu, didihkan air untuk merebus pempek, campurkan 2 butir telur (jika ingin), aduk hingga merata dan tambahkan garam secukupnya. Untuk mempertegas rasa bisa ditambahkan penyedap, tambahkan lebih kurang 370 ml air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga merata (akan terbentuk adonan yang kompak).

Bentuk pempek sesuai keingina (lumuri tangan dengan tepung tapioka agar tidak lengket di tangan). Rebus hingga mengembang dan mengapung. Angkat, tiriskan dan dinginkan. Pempek siap disajikan atau digoreng terlebih dahulu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini