News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gerhana Matahari

Video Puncak Gerhana Matahari di Medan

Editor: Mohamad Yoenus
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Medan, Tarmizi Khusairi

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Kepala Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Sumatera Muhammadiyah Sumatera (UMSU), Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, mengatakan gerhana matahari di Sumatera Utara atau Medan terjadi 77 persen.

"Sebanyak 77 persen itu terjadi tidak lebih dari 3 menit dan alhamdulillah banyak sekali tadi yang datang ke UMSU," katanya, Rabu (9/3/2016).

Sementara itu, Rektor UMSU, Drs Agussani, mengaku senang melihat antusiasme masyarakat Kota Medan yang datang menyaksikan gerhana matahari di kampus Pascasarjana UMSU di Jl Denai, Medan Denai.

"Kita merasa bersyukur, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui Observatorium Ilmu Falak UMSU telah bisa melaksanakan pengamatan gerhana matahari yang dilaksanakan di kampus Pascasarajana UMSU," kata Agussani.

"Dalam kegiatan ini, saya cukup mengapresiasi luar biasa atas antuasisme masyarakat Kota Medan dalam menyaksikan gerhana matahari yang sangat langka ini. Inilah bentuk perhatian kami, dalam memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat," ujarnya.

Menurut Agussani, ke depan, UMSU akan menambah sejumlah alat dan fasilitas dalam pengamatan benda-benda langit.

Kata Agussani, pihaknya pun sungguh-sungguh dalam mengembangkan ilmu falak yang berkaitan dengan astronomi. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini