News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sambut Lebaran, PT Telkomsel Maksimalkan Kapasitas 14 Ribu BTS di Sulawesi

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Timur, Rasni Gani

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Manajemen PT Telkomsel menyiagakan dan memaksimalkan kapasitas 14 ribu Base Transciever Station (BTS) di Sulawesi menjelang Lebaran.

Kapasitas BTS yang dimaksimalkan meliputi 6.440 BTS 2G, 7.089 BTS 3G dan 431 4G.

Makassar memiliki 800 BTS 190 diantaranya 4G dan sisanya 590 BTS 2G dan 3G.

"Seluruh BTS ini dinyatakan cukup dan memadai melayani pelanggan di Sulawesi mencapai 15 juta," kata Vice President ICT Area Pamasuka Ali Imran, di sela sela acara Pers Confrence Test Drive di restoran Sunachi Hotel Grand Clarion Makassar, Jumat (10/6/2016).

Turut hadir, Komisioner Badan Regulasi Telekomunukasi Indonesia (BRTI) Agung Harsoyo, General Manager ICT Operation Region Sulawesi Noviandri, dan jajaran lainnya.

Selain BTS permanen, Telkomsel juga menyiagakan 90 unit Combat atau BTS mobile guna mencover  69 Point of Interest (POI) yang di sebar di seluruh Sulawesi memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi.

"Lokasi yang dimaksud meliputi yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal, dimana lokasi-lokasi tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi," katanya.

Dia menambakan pihaknya juga akan menyediakan BTS indoor untuk memenuhi kebutuhan kekuatan jaringan.

Noviandri menambahkan, selama momen Ramadan dan Lebaran, khususnya di masa mudik dan pada saat Lebaran tahun ini, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa.

Lonjakan trafik akan terjadi diantaranya pada layanan voice naik 0,9 peran mencapai 219 juta menit, layanan data yang akan melonjak naik sekitar 20 persen menembus 253 Tera Byte, dan layanan SMS diperkirakan mencapai 41 juta.

Makassar sendiri masing masing berkontribusi sekitar 70 persen dari trafik masing masing.

Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan & Lebaran, diantaranya 412 GraPARI, 392 Mobile GraPARI, 40 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 464 Branch Office (TDC).

Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk. 

"Call center kami juga standby selama 24 jam menerima keluhan gangguan dari pelanggan," jelasnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini