Tribun

Warga Indonesia di Melbourne Melihat Peluang Bisnis Cenderamata Australia

Kemana beli oleh-oleh kalau toko yang buka di kota Melbourne hanya boleh berjualan makanan dan kebutuhan dasar lainnya? Sejumlah warga…

Pasar Queen Victoria Market di kota Melbourne adalah salah satu tujuan turis asing untuk membeli oleh-oleh khas Australia.

Alfi Syahriani hanya punya waktu tiga hari untuk berburu barang-barang dari Australia untuk jadi oleh-oleh sebelum ia dan keluarganya pulang ke Indonesia, Juli lalu.

Tapi karena kota Melbourne sedang \'lockdown\' ketat dan toko-toko hanya boleh berjualan makanan atau kebutuhan dasar, maka pilihan Alfi untuk membeli cenderamata sangat terbatas.

"Gara-gara pandemi kan pasar tutup, dan kami waktu itu juga sibuk banget mengosongkan rumah sebelum pulang … jadi kami akhirnya mencari-cari [cenderamata] yang [dijual] online," kata Alfi.

Alfi menemukan toko penjual cenderamata, yang kebetulan milik warga Indonesia di Melbourne dari sebuah kelompok Whatsapp.

Menurutnya, harga yang ditawarkan toko tersebut relatif lebih murah dibanding harga penjual online yang lain, meskipun terhitung masih lebih mahal jika dibandingkan dengan harga cenderamata di pasar.

"Beda harganya sampai dua kali lipat. Gantungan kunci di pasar satunya hanya $1, ini saya beli $2. Tapi memang kualitas yang dijual Mas Oky [pemilik toko] bagus, secara tampilan juga lebih bagus."

Selain gantungan kunci, Alfi juga membeli setidaknya 40 gantungan kunci dan hiasan kulkas, serta tas, tempat pensil, dan beberapa jenis pajangan.

"Saya lebih suka beli di pasar sebenarnya, karena lebih murah. Di pasar masih bisa menawar [harga], jadi bisa dapat lebih banyak, tidak seperti harga online yang fix [tetap]."

Meraih peluang di tengah pandemi

Kebutuhan Alfi dan warga asing, termasuk pelajar internasional yang membutuhkan cenderamata untuk jadi oleh-oleh sebelum meninggalkan Australia menjadi perhatian Muhammad Ilham Rizky, akrab disapa Oky.

Foto Stan QVM Sebelum Tutup
Halaman
12
Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas