Tribun

Sejumlah Kecil Orang yang Sudah Divaksinasi Dua Dosis di Sydney Meninggal. Ini Penjelasannya

Sekitar 11 persen dari mereka yang meninggal karena varian Delta di Sydney sudah divaksinasi penuh. Tapi angka tersebut tidak menjelaskan…

Tiga puluh lima orang meninggal karena varian Delta di Sydney tercatat sudah mendapatkan dua dosis vaksinasi.

Dari tujuh orang yang meninggal Senin kemarin (28/09) tiga orang juga sudah divaksinasi penuh.

Dari angka tersebut artinya 11 persen dari total 316 kematian sejak pandemi di negara bagian New South Wales meninggal meski sudah divaksinasi dua dosis.

Para pakar mengatakan ada faktor lain yang juga berpengaruh pada kematian akibat virus corona varian Delta, yaitu usia dan orang tersebut sudah mengidap penyakit lain sebelumnya.

Tony Cunningham, direktur Pusat Penelitian Virus di Westmead Institute for Medical Research di Sydney mengatakan angka tersebut tidak sepenuhnya menjelaskan apa yang terjadi.

"Dalam uji coba, tentunya kita tahu vaksin ini memiliki tingkat efektivitas 97 persen dalam mencegah kematian," katanya.

"Artinya hanya sejumlah kecil orang yang tidak akan bisa terlindungi oleh vaksin."

Ia mengatakan dari pasien yang sudah divaksinasi penuh, yang paling berisiko meninggal adalah mereka yang memiliki penyakit terkait kekebalan tubuh atau kelompok usia paling tua.

Lembaga otoritas kesehatan NSW Health tidak selalu mengeluarkan data kepada publik apakah seseorang yang meninggal karena COVID-19 sudah memiliki riwayat penyakit sebelumnya atau tidak.

Data paling baru dari NSW Health  sejak 11 September tercatat 21 orang yang sudah divaksinasi dua dosis meninggal dunia.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas