Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bea Cukai Dorong Ekspor Perdana Ikan Kerapu dari Tual ke Hongkong

Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, menghadiri acara pelepasan ekspor perdana ikan kerapu oleh PT Indo Marine Fish dengan tujuan Hongkong.

Bea Cukai Dorong Ekspor Perdana Ikan Kerapu dari Tual ke Hongkong
dok. Bea Cukai

Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, menghadiri acara pelepasan ekspor perdana ikan kerapu oleh PT Indo Marine Fish dengan tujuan Hongkong, bersama dengan Kepala Balai KPIM, Ashari Syarief, Kepala Bea Cukai Tual, M. Anshor, perwakilan PSDKP, Syahbandar Tual, dan perwakilan dari PT Indo Marine Fish, di Pelabuhan Langgur, Tual.

Total berat ikan kerapu yang dieskpor sebanyak 263,5 Kg, dengan nilai devisa USD 6.797, untuk memenuhi permintaan pasar di Hongkong.

Menurut Finari Manan, kegiatan ekspor perdana tersebut adalah hasil dari sinergi antara Bea Cukai dengan instansi Karantina, pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya yang tergabung dalam Tim Peningkatan Ekspor Provinsi Maluku, bersama-sama untuk terus mendorong peningkatan ekspor langsung dari wilayah Maluku.

“Bea Cukai sesuai dengan fungsinya sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assitance mendorong tumbuhnya ekspotir-eksportir baru, seperti PT Indo Marine Fish, yang melakukan ekspor langsung dari Tual ke Hongkong, dan tercatat dalam dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dari KPPBC Tual. Bea Cukai juga memberikan kemudahan dalam prosedur layanan ekspor guna peningkatan devisa negara dan pendapatan asli daerah (PAD) Maluku”, ujarnya.

Selain itu, ekspor di sektor perikanan, dimulai sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 semakin mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dari tahun ke tahun nilai ekspor bidang ini terus meningkat. Sebelum tahun 2017, produk unggulan Maluku diekspor dari luar daerah Maluku, seperti Surabaya, Makasar, dan Jakarta sehingga hasilnya tidak dirasakan masyarakat daerah.

“Pada tahun 2019 ini, Bea Cukai Maluku dan satker di bawahnya memasukkan peningkatan ekspor langsung dari wilayah Maluku sebagai program kinerja kantor. Oleh karena itu kami akan terus berinisiasi, bekerja sama, bersinergi dengan instansi terkait dan pemerintah daerah mendorong investasi dan memberikan kemudahan fasilitas prosedur kepada para pengusaha sehingga ekspor langsung dari wilayah Maluku semakin meningkat”, pungkas Finari.(*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas