Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bea Cukai Adakan Dialog Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi dengan Bupati Manggarai

Menurut Tommy potensi pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di Labuan Bajo sangat tinggi

Bea Cukai Adakan Dialog Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi dengan Bupati Manggarai
dok. Bea Cukai

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Manggarai Barat Rabu (15/07) guna membahas peran Bea Cukai dalam mendukung pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Manggarai Barat.

“Bea Cukai akan berupaya mendorong Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang salah satu prioritasnya adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas yang diantaranya dilakukan dengan cara meningkatkan nilai tambah pariwisata nasional,” ungkapnya.

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula yang didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Marthinus Ban mengapresiasi atas inisiatif yang dilakukan Bea Cukai Maumere.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Manggarai Barat saling bahu-membahu dengan pemerintah pusat dalam berbagai program proyek pengembangan industri pariwisata di Labuan Bajo, “Diharapkan membawa efek domino peningkatan ekonomi diberbagai sektor di wilayah Manggarai Barat termasuk menumbuhkan kegiatan ekspor hasil pertanian dan perkebunan.”

Menurut Tommy potensi pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di Labuan Bajo sangat tinggi, walaupun saat ini sedang terdampak dengan adanya wabah COVID-19.

Selain itu peningkatan infrastruktur seperti rencana pengembangan Bandar Udara Komodo menjadi Bandara Internasional, Proyek Marina Bay untuk pelabuhan yacht dan kapal pesiar tentunya menuntut kehadiran Bea Cukai dalam penanganan penumpang, barang dan sarana pengangkut yang datang dari luar negeri.

“Kesiapsiagaan dan kewaspadaan Bea Cukai Maumere sangat dibutuhkan agar pengawasan dan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai dapat berjalan efektif dan efisien guna mendukung keberhasilan agenda pembangunan nasional khususnya terhadap pengembangan Labuan Bajo,” ujar Tommy.

Tommy menyampaikan, Bea Cukai Maumere telah melakukan perbaikan dan peningkatan sarana penunjang pelaksanaan tugas Bea Cukai Maumere di Labuan Bajo seperti pembangunan gedung lantai dua pos pengawasan bea cukai, penempatan dua kapal patroli laut, penambahan SDM yang bertugas di pos pengawasan Labuan Bajo dan melengkapi sarana penunjang kantor lainnya mengingat terjadinya peningkatan jumlah pengawasan dan pelayanan di bidang kepabenan dan cukai di Labuan Bajo contohnya penanganan kedatangan kapal pesiar dari luar negeri dan pelayanan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai yang diajukan oleh pengusaha di bidang akomodasi perhotelan. Namun tentunya hal-hal tersebut kedepannya tentunya tidak akan cukup, sehingga perlu dilakukan antisipasi atau persiapan agar dapat memenuhi tuntutan dari perkembangan yang akan terjadi.

Bupati Agustinus Ch. Dula juga menyampaikan siap bekerjasama dengan Bea Cukai untuk mensukseskan program pengembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi di wilayahnya. Ia meminta agar Bea Cukai dapat segera menyampaikan hal-hal apa saja yang dapat dibantu oleh Pemda Manggarai Barat dan selanjutnya akan segera memerintahkan jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan Bea Cukai guna membahas hal-hal yang diperlukan sehingga terciptanya sinergi.

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas