Tribun

Gagalkan Ekspor Benih Lobster, Bea Cukai Palembang Raih Penghargaan

Bea Cukai Palembang menerima penghargaan atas usaha dalam upaya penggagalan dan pengungkapan ekspor ilegal benih lobster selama tahun 2018-2019.

Editor: Content Writer
Gagalkan Ekspor Benih Lobster, Bea Cukai Palembang Raih Penghargaan
Bea Cukai
Gagalkan ekspor benih lobster, Bea Cukai Palembang raih penghargaan dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, pada Rabu (12/08). 

TRIBUNNEWS.COM - Bea Cukai Palembang menerima penghargaan dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan atas usaha dalam upaya penggagalan dan pengungkapan ekspor ilegal benih lobster selama tahun 2018-2019 di wilayah pengawasannya, Rabu (12/08).

Dalam acara pemberian penghargaan yang turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Edhy Prabowo ini, Kepala Kantor Bea Cukai Palembang, Abdul Harris mengungkapkan bahwa penindakan atas penyelundupan delapan belas ribu benih lobster tersebut dilaksanakan sebelum diberlakukannya Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan No 12 tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di wilayah Republik Indonesia.

“Saat itu benih atau baby lobster masih merupakan jenis barang yang dilarang kegiatan eksportasinya,” ujarnya.

Abdul menambahkan, “Penggagalan ekspor ilegal tersebut sebagai upaya pemerintah melalui Bea Cukai melindungi keberlanjutan stok keberagaman makhluk hidup di kawasan perairan nasional serta meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui nilai ekspor lobster dewasa yang jauh lebih tinggi. Selain itu, apabila dilakukan eksploitasi terus-menerus, dikhawatirkan lobster bisa punah dari perairan Indonesia.” (*)

Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas