Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bea Cukai Tual dan Bengkalis Jalin Sinergi dengan Berbagai Instansi

Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah aktif berkunjung dan membuka forum diskusi dengan instansi lainnya di daerah pengawasannya.

Bea Cukai Tual dan Bengkalis Jalin Sinergi dengan Berbagai Instansi
dok. Bea Cukai
Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah aktif berkunjung dan membuka forum diskusi dengan instansi lainnya di daerah pengawasannya. 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam menjalankan fungsinya sebagai revenue collector, community protector, trade facilitator, dan industrial assistance, Bea Cukai kerap berkoordinasi dengan pihak lainnya, baik kementerian/lembaga pemerintahan maupun instansi swasta. Sinergi pun terjalin dalam bentuk pelaksanaan tugas bersama dan kunjungan ke instansi lain atau courtesy visit.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, pada Jumat (24/09) mengatakan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah aktif berkunjung dan membuka forum diskusi dengan instansi lainnya di daerah pengawasannya masing-masing. Hal ini diakuinya, dilakukan untuk mempermudah pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Bea Cukai dan meminimalisir egosentrisme lembaga.

"Dengan saling mengunjungi, kami dapat mendiskusikan pelaksanaan tugas masing-masing dan menyampaikan hal-hal yang dibutuhkan untuk mengoptimalisasikan kinerja. Kami ingin membuang jauh ego sektoral dan pada akhirnya menciptakan kolaborasi untuk Indonesia Maju," tegasnya.

Ia mencontohkan, dua kantor pelayanan Bea Cukai, yaitu Bea Cukai Tual dan Bea Cukai Bengkalis tengah giat melaksanakan sinergi dengan berbagai instansi yang berada di wilayah pengawasan tiap-tiap kantor.

"Seperti misalnya, dalam rangka penggalian potensi ekspor, Bea Cukai Tual berkoordinasi dengan BPS Maluku Tenggara untuk mempercepat koordinasi penggalian para pelaku usaha potensial perikanan dan pertanian dan dengan Bank Mandiri Maluku Tenggara untuk membahas pembiayaan kredit maupun investasi yang bisa digunakan para pelaku usaha. Hal ini dilaksanakan karena kami berupaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan membantu para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usahanya dengan program percepatan ekspor," jelasnya.

Selain itu, Bea Cukai pun tak luput bersinergi dengan media, "Media adalah mitra kerja kami, khususnya dalam menyebarkan informasi kepabeanan dan cukai kepada masyarakat luas. Kerja sama yang baik antara kedua pihak sangat dibutuhkan, seperti Bea Cukai Tual dan RRI Tual yang selama ini berkolaborasi dalam menyampaikan tugas pokok dan fungsi Bea Cukai melalui dialog interaktif setiap bulan di RRI Tual. Diharapkan sinergi yang baik keduanya dapat terus ditingkatkan untuk membantu menyampaikan berita yang positif, sehingga Bea Cukai makin dikenal oleh masyarakat Kota Tual dan Maluku Tenggara."

Tak jauh berbeda, jalinan sinergi antara Bea Cukai Bengkalis dengan berbagai instansi dalam wilayah pengawasannya pun dapat diacungi jempol.

"Dengan Polres Kepulauan Meranti, Bea Cukai Bengkalis kerap menjalin diskusi tentang upaya penegakan hukum, khususnya dalam hal kepabeanan dan cukai di wilayah Kabupaten Bengkalis. Hal ini menunjukkan bahwa kami selalu berkomitmen untuk merawat silaturahmi dan memperkuat sinergi dalam penegakkan hukum khususnya di bidang kepabeanan dan cukai bersama instansi-instansi terkait," tambahnya.

Selanjutnya, sebagai bentuk komitmen dan sinergi bersama dalam hal pengawasan serta dukungan terhadap pemulihan ekonomi diwilayah Riau, Bea Cukai Bengkalis bersinergi dengan Pemerintah Daerah Riau.

"Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Riau, Agus Yulianto dan Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis, Ony Ipmawan, telah menggelar pertemuan dengan Gubernur Riau, Syamsuar, pada Kamis, 16 September 2021 di Rumah Dinas Gubernur Riau. Kita harapkan bersama kontribusi aktif Bea Cukai dalam mengasistensi industri bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan perekonomian daerah," tutupnya.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas