Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Advertorial

Komponen yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kredit Mobil

Suku bunga biasanya menjadi ‘senjata’ pamungkas yang digunakan berbagai penyedia kredit mobil.

Komponen yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Kredit Mobil

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat modern akan mobil sebagai kendaraan, berbanding lurus dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan. Baik dari pilihan mobilnya dan juga pilihan kredit mobil yang disediakan oleh berbagai penyedia. Pilihan dan skema penawaran menarik yang diberikan juga semakin banyak.

Suku bunga biasanya menjadi ‘senjata’ pamungkas yang digunakan berbagai penyedia kredit mobil.  Logikanya, semakin kecil suku bunga, maka total biaya yang harus dikeluarkan oleh nasabah akan semakin sedikit. Namun, tahukah Anda bahwa suku bunga hanyalah salah satu komponen dari perhitungan kredit mobil?

Deputy Director KKB BCA Herry M Somantri menjelaskan, ada lima komponen yang harus diperhatikan oleh nasabah dalam membandingkan tawaran kredit mobil. Yaitu: suku bunga, provisi, administrasi, asuransi, perlindungan kredit.

1.       Suku Bunga

Suku bunga adalah satuan yang digunakan untuk menghitung hutang yang harus dibayarkan nasabah. Rumus perhitungannya adalah pokok hutang (harga mobil dikurang DP), dikalikan dengan suku bunga, dan dikalikan berapa tahun tenor kredit.

Hasil dari perhitungan tersebut kemudian ditambahkan kembali dengan pokok hutang, maka akan ketahuan berapa total jumlah yang harus dibayarkan oleh nasabah selama masa angsuran kredit.

Dalam perhitungan ini, semakin tinggi suku bunga, dan semakin lama tenor kredit, maka total jumlah yang harus dibayarkan oleh nasabah juga semakin besar. Namun, biasanya angsuran tiap bulannya cenderung menjadi lebih kecil.

2.       Provisi

Provisi adalah biaya kompensasi akibat pengajuan kredit. Umumnya provisi yang ditetapkan oleh para penyedia kredit mobil sekitar 1% sampai 5% dari pokok hutang, tergantung kebijakan dari tiap-tiap penyedia kredit mobil.

3.       Administrasi

Administrasi adalah biaya yang dikeluarkan nasabah terhadap administrasi yang dilakukan oleh penyedia kredit mobil. Besaran biayanya juga tergantung dari kebijakan tiap-tiap penyedia kredit mobil, namun umumnya dimulai dari RP 3 juta.

4.       Asuransi

Asuransi juga merupakan komponen yang selalu ada dalam setiap paket pembiayaan KKB. Ragamnya biasanya terbagi dua, yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive. Kisaran dari besarannya biaya asuransinya juga beragam tergantung dari kerja sama antara penyedia kredit mobil dan maskapai asuransi.

5.       Proteksi Kredit

Proteksi kredit adalah komponen yang akan memberikan perlindungan kredit bagi nasabah. Perlindungan yang dimaksud adalah apabila nasabah meninggal dalam masa cicilan, maka hutang dinyatakan lunas dan kendaraan tetap menjadi milik keluarga dari nasabah tersebut.

Karena lima komponen ini, paket pembayaran yang ditawarkan oleh tiap-tiap penyedia kredit mobil menjadi berbeda. “Makanya kita sering menemui hitungan dalam paket kredit yang walaupun besaran suku bunganya sama, namun pada total yang harus dibayarkan oleh nasabah menjadi berbeda,” jelas Herry.

Promo Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA

Menjelaskan lebih lanjut mengenai perbedaan yang dihasilkan dari 5 komponen tersebut, Herry bersama timnya menggunakan promo kedit mobil dari BCA yang juga disebut KKB BCA sebagai perbandingan.

Yang diberikan dari promo KKB BCA ini adalah:

1.       Memberikan bunga khusus sebesar 3,08% untuk tenor kredit selama 1 tahun, 3,88% untuk tenor kredit selama 2 tahun, 4,18% untuk tenor kredit selama 3 tahun, dan 4,48% untuk tenor kredit selama 4 tahun.

2.       Bebas biaya provisi

3.       Biaya administrasi yang hanya sebesar Rp 1.500.000. Biaya administrasi ini akan mendapatkan tambahan diskon sebesar Rp 300.000 apabila nasabah melampirkan NPWP, sehingga biaya administrasi menjadi Rp 1.200.000

4.       Asuransi yang digunakan menggunakan harga bawah yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan.

5.       Proteksi kredit yang dihitung berdasarkan pokok hutang, bukan dari harga OTR mobil yang dibeli nasabah.

Dari perbandingan tersebut kemudian dapat dilihat, walaupun besaran suku bunga yang ditawarkan oleh penyedia KKB dan dengan tenor kredit yang juga sama, total yang harus dibayarkan oleh nasabah bisa berbeda karena perbedaan pada komponen-komponen tersebut.

Herry melanjutkan, “Biasanya biaya dari berbagai komponen tersebut bisa dibebankan pada TDP (Total Down Payment) atau angsuran bulanannya. Karena itu sering ditemui walaupun suku bunga dan angsuran bulanan sama, namun TDP-nya berbeda. Atau bisa juga sebaliknya, suku bunga dan TDP sama, angsuran bulanannya berbeda.”

KKB BCA ini juga bebas biaya penalti pelunasan. “Apabila nasabah ingin melakukan pelunasan di awal nasabah cukup melunasi sisa pokok hutangnya (tanpa tambahan bunga),” pungkasnya.

Ayo, cermat dalam memilih Kredit Kendaraan Bermotor!

Promo KKB BCA ini berlaku hanya untuk kendaraan baru jenis penumpang dengan periode dari 11 Agustus – 30 September 2016. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo BCA di 1500 888, atau datang ke kantor cabang BCA terdekat. Nasabah juga bisa melakukan simulasi perhitungan KKB BCA melalui www.bca.co.id.

BCA Senantiasa di Sisi Anda
(Berita BCA)
BCA Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Advertorial
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas