Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Advertorial

Peduli Pendidikan Anak Usia Dini, BCA Kembali Donasikan Dana ke UNICEF

United Nations Children’s Fund (UNICEF) menggagas program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI)

Peduli Pendidikan Anak Usia Dini, BCA Kembali Donasikan Dana ke UNICEF

Pengembangan anak usia dini yang biasa disingkat PAUD merupakan masa yang penting karena usia 0 hingga 6 tahun merupakan masa emas di mana otak sedang berkembang dengan optimal. United Nations Children’s Fund (UNICEF) menggagas program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) untuk mengoptimalkan pendidikan anak di seluruh dunia.

Pemerintah Indonesia pun melalui Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif menjelaskan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pencapaian tumbuh kembang optimal sangat ditentukan oleh kualitas perkembangan anak selama periode usia dini, yaitu sejak janin sampai berusia enam tahun.

Program PAUD HI tersebut juga mendapat dukungan penuh oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang kembali berpartisipasi dengan memberikan donasi sebesar Rp 850 juta kepada UNICEF untuk program PAUD HI di Papua.

“Pendidikan merupakan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Di Indonesia, pendidikan menjadi cita-cita bangsa seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.Sebagai institusi yang lahir dan berkembang di bangsa ini, BCA turut serta untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yakni ikut berperan serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Inilah yang mendasari dukungan BCA melalui donasi yang diserahkan pada program PAUD HI,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja saat memberikan sambutan dalam acara Penyerahan Donasi, Senin (22/08/2016) di Menara BCA.

Program ini akan mencakup advokasi dan koordinasi di tingkat kabupaten hingga desa untuk peningkatan kesadaran mengenai pentingnya PAUD, pelatihan untuk penyelenggara program dan orangtua, identifikasi PAUD berbasis masyarakat, serta membangun sistem monitoring dan evaluasi.  PAUD HI ini akan dilaksanakan pada 20 PAUD di Sorong dan Raja Ampat, Papua untuk anak usia 0-6 tahun dan 1.500 orang tua asuh/pengasuh.

Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia Gunilla Olsson yang menerima donasi tersebut menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan BCA. “Kami percaya kontribusi ini akan membawa perkembangan positif karena usia dini memiliki peranan terpenting dalam hidup,” ungkapnya.

Gunilla menjelaskan juga mengenai penelitian yang membuktikan pada 1.000 hari pertama, ratusan sel otak terhubung setiap detiknya dan pada usia lima tahun otak berkembang hingga 90 persen. Sel-sel otak yang terhubung tersebut membangun balok-balok dalam kehidupan seorang anak.

Mereka membantu menentukan perkembangan kognitif, emosional, dan sosial dari seorang anak, serta membantu kapasitasnya untuk belajar, mencapai kesuksesan, dan kebahagiaan di masa depan. “Program PAUD Holistik Integratif ini mempersiapkan anak-anak pada periode emas mereka agar mendapatkan masa depan yang lebih baik,” tambah Gunilla.

Sebelumnya, BCA juga telah mendukung program UNICEF untuk program Pendidikan Anak di Papua pada tahun 2014 dan 2015. Program-program tersebut merupakan implementasi dari salah satu pilar Bakti BCA, yakni Solusi Cerdas.

“Melalui pilar Solusi Cerdas, kami berupaya aktif mengembangkan program-program maupun bekerja sama dengan lembaga yang berkompeten untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Indonesia,” tutup Jahja. (Adv)

BCA Senantiasa di Sisi Anda
(Berita BCA)
BCA Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Advertorial
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas