Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

GDP Indonesia Tertinggi di ASEAN

SELAMA menjabat Keketuaan ASEAN, Indonesia membuktikan tidak hanya bisa memimpin sembilam negara lain dalam bidang politik dan keamanan

Penulis: Nurfahmi Budi
Editor: Ade Mayasanto
zoom-in GDP Indonesia Tertinggi di ASEAN
TRIBUNNEWS.COM/M Nurfahmi Budi/TRIBUNNEWS.COM/M Nurfahmi Budi
PRESIDEN Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, saat memberikan briefing di depan ratusan wartawan peliput Konferensi TIngkat Tinggi (KTT) ke-19 ASEAN, di Hotel Ayodya, Rabu (16/11/2011). (TRIBUNNEWS.COM/M Nurfahmi Budi) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Nurfahmi Budi

TRIBUNNEWS.COM, BALI - SELAMA menjabat Keketuaan ASEAN, Indonesia membuktikan tidak hanya bisa memimpin sembilam negara lain dalam bidang politik dan keamanan, namun membuktikan diri terus berkembang di sektor ekonomi.

Informasi dari Direktorat Ekonomi ASEAN, mengungkapkan, pada pertengahan tahun 2011 ini, Gross Domestic Product (GDP) Indonesia terus menanjak. Bahkan, dibanding negara lain, Indonesia berstatus yang tertinggi dari sisi Produk Domestik Bruto tersebut. Angka GDP-nya menembus 706,74 juta dolar AS atau lebih dari Rp 6,36 triliun. Angka tersebut malah lebih unggul dibanding Singapura, yang hanya mampu menggaet 222,699 juta dolar AS.




Negeri Singa tersebut juga kalah dalam hal akselerasi dengan Thailand (318,850 juta dolar AS) dan Malaysia (237,959 juta dolar AS). Sementara GDP terendah menjadi milik Laos, dengan mencatat 6,341 juta dolar AS.

Secara umum, GDP ASEAN mencapai angka 1,843 miliar dolar AS. Angka tersebut lebih tinggi dari milik Korea Selatan (1,007 miliar dolar AS. Dua macan Asia, Jepang dan Cina memiliki catatan terbaik, dengan 5,458 miliar dolar AS (Jepang) dan 5,878 miliar dolar AS (Cina).

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas