Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ultah ke-50, Merpati Lakukan Simulator Pesawat MA-60

PT Merpati Nusantara Airlines menandatangani MoU dengan pemerintah China untuk Simulator pesawat MA-60 saat Ultah ke-50.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Sugiyarto
zoom-in Ultah ke-50, Merpati Lakukan Simulator Pesawat MA-60
net
Pesawat Merpati MA-60 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Merpati Nusantara Airlines telah menandatangani kerja sama MoU dengan pemerintah China untuk Simulator pesawat MA-60 yang akan dilaksanakan penyerahannya pada saat HUT PT. Merpati Nusantara Airlines yang ke-50 di Surabaya, pada tanggal 6 September 2012.

Pengadaan Simulator pesawat MA-60 ini adalah kelanjutan dari pembelian 15 pesawat MA-60 dari Xian Aircraft pada tanggal 24 November 2005 dan untuk pelaksanaan pengoperasian dilakukan oleh Merpati Tranning Center (MTC) yang berada di Surabaya.

Pada tanggal 6 September 2012 ada tiga acara yang akan dilaksanakan di MTC Surabaya yaitu, penyerahan Certificate Of Approval Simulator MA – 60 dari DKUPPU ke pihak PT.

Merpati Nusantara Airlines, penandatanganan Acceptance Sertificate antara XAC, XASC (pabrik pembuat simulator di China) dan PT. Merpati Nusantara Airlines dan penyerahan Transfer Of Title dari XAC ke PT. Merpati Nusantara Airlines.

Penyerahterimaan ini turut hadir Herry Bakti (Dirjen perhubungan Udara), Diding Sunardi (Direktur DKUPPU), dan semua VP dari XAC, XASC.Perluasaan kerjasama antara Xian Aircraft dan PT. Merpati Nusantara Airlines, untuk meningkatkan sinergi dan ekspansi bisnis yang tentunya akan memberikan hasil yang positif bagi kedua belah pihak.

Dengan simulator pesawat MA-60, pengembangan ekspansi bisnis oleh PT. Merpati Nusantara Airlines tidak terlalu jauh dari bisnis utama perusahaan yaitu sebagai operator pesawat, dan training facility.

MTC sendiri mempunyai, Simulator Trainning F-27, CN-235, dan MA-60, Sekolah Initial pilot trainning, Flight Attendant Training, Flight Operation Officer Training, Flight Support Trainning, Aircraft Maintenance Trainning, dan Other Commercial Training.

BERITA TERKAIT

Untuk saat ini hanya PT. Merpati Nusantara Airlines dan China sebagai operator Simulator pesawat MA-60 di Dunia, Ini berarti Merpati berkesempatan sebagai satu – satunya Operator Simulator pesawat MA-60 di Asia Tenggara dan ini menjadi suatu keuntungan untuk PT. Merpati Nusantara Airlines.

Riswanto Chendra Putra (Managing Director SBU MTC), menjelaskan bahwa populasi pesawat MA-60 di dunia ini sudah banyak yang menggunakan, Laos menggunakan 4 pesawat MA-60(4 pesawat dalam pemesanan), Myanmar 3 pesawat, China (Okay Airways) 2 pesawat (8 dalam tahap pemesanan), China Eastern Air 6 pesawat(45 dalam tahap pemesanan), Congo 3 pesawat, Philipine 4 pesawat(6 dalam tahap pemesanan), Srilangka 4 pesawat, Zimbabwe 2 pesawat, Venezuela Airforce 10 pesawat dalam tahap negosiasi dan Negara – Negara lainnya masih dalam tahap pemesanan.

Walaupun MA-60 bisa dikatakan pesawat baru tetapi untuk keselamatan penerbangan sangat aman di gunakan dan Merpati sebagai operator membuktikan komitmennya dengan adanya simulator MA-60 adalah bentuk kesungguhan dalam pelayanan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dan terbang nyaman dan aman bersama Merpati. (*)

BACA JUGA:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas