Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Desain Mazda Takeri yang Memikat Mata

Takeri merupakan adikarya desainer mobil Mazda terkenal, Akira Tamatani. Desainnya terinspirasi oleh binatang hutan cheetah yang agresif dan cepat.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sugiyarto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Di antara mobil-mobil konsep yang sangat membetot perhatian pengunjung di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 adalah kehadiran sedan empat penumpang Mazda Takeri.

Mobil yang nampang di booth PT Mazda Motor Indonesia di Hall A JIExpo Kemayoran ini memang tampil dengan desain agresif elegan sekaligus futuristik.

Takeri merupakan adikarya desainer mobil Mazda terkenal, Akira Tamatani. Dengan desain masa depan yang terinspirasi oleh binatang hutan cheetah yang agresif dan cepat, Mazda menjejali Takeri dengan berbagai teknologi terbarunya, seperti SKYACTIV-D engine dengan I-stop, dan i-ELOOP-Degenerative  Braking, yang semakin mengukuhkan Mazda sebagai pelopor dalam pengembangan konsep kendaraan yang irit bahan bakar, bertenaga besar, namun ramah lingkungan.

Mazda Takeri memulai debutnya pertama kali di dunia pada Tokyo Motorshow November 2011. Takeri merupakan penerus dari visi mobil konsep 4 pintu sport
coupe Mazda, Shinari, dengan menggabungkan kecepatan dan kenikmatan berkendara dalam bentuk sedan.

Dilengkapi dengan mesin SKYACTIV-D, Mazda I-Stop Idling stop system, sistem pengereman regeneratif unik i-ELOOP yang dikembangkan untuk mengejar efisiensi energi secara maksimal.

Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia Keizo Okue saat memperkenalkan Takeri di hari pertama pameran IIMS Kamis lalu mengatakan,  semua kelebihan pada Takeri baik dari sisi desain, kenyamanan berkendara dan performa yang ramah lingkungan membuat sedan ini sangat ideal sebagai salah satu acuan produksi sedan Mazda ke depannya. Hal ini selaras dengan tema Mazda tahun ini, Engineering The Future.

”Evolusi dari mobil konsep Mazda Shinari, Mazda Takeri menunjukkan gaya desain yang mencerminkan sedan Mazda yang stabil dan maskulin, seperti namanya yang berarti maskulin dalam bahasa Jepang," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Terobosan baru yang Mazda lakukan dalam rancangan sedannya dalam menyeimbangkan penampilan agresifnya dengan gaya sedan yang elegan sehingga dapat menjadi sedan yang lebih baik dari sedan di kelasnya. Hasilnya adalah sebuah sedan unik bergaya sporty yang berkualitas dan dapat memenuhi keinginan akan sebuah desain di sedan kelas atas.

Sedan Bermesin Diesel
Mazda Takeri merupakan sedan bermesin diesel generasi terbaru SKYACTIVE-D yang dikawinkan dengan transmisi matik 6 percepatan.

SKYACTIV-D dan I-STOP IDLING STOP SYSTEM pada sedan ini dilengkapi dengan SKYACTIV BODY & CHASSIS. Teknologi

SKYACTIV-DRIVE dan i-Stop Idling stop system pada sedan ini  dapat secara otomatis mematikan mesin saat mobil berhenti dan menyalakan mesin kembali, ketika mobil akan berjalan.

Boleh dibilang, Takeri merupakan pasangan yang tepat bagi penggila kecepatan karena mesin ini mampu memiliki nafas lebih panjang pada setiap perpindahan percepatan dalam meneruskan tenaga mesin yang setara dengan tenaga mesin bensin V6 atau V8 ini. Hasilnya tentunya terlihat dari kemamampuannya menghemat bahan bakar, sekaligus menghasilkan tenaga mesin yang besar.(choirul arifin)

BACA JUGA:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas