Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Banjir Bisa Sebabkan Penjualan Daihatsu Turun

Banjir yang melanda wilayah Jakarta sejak kemarin, Kamis (17/1/2013) membuat kegiatan industri

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Banjir Bisa Sebabkan Penjualan Daihatsu Turun
Tribunnews.com/Yogi Gustaman
Jalan MH Thamrin mulai dari Gedung UOB Plaza sampai Bunderan HI digenangi air setinggi pinggang orang dewasa. Tak sedikit mobil yang terjebak genangan air. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Banjir yang melanda wilayah Jakarta sejak kemarin, Kamis (17/1/2013) membuat kegiatan industri dan bisnis lumpuh. Kondisi ini dialami oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), salah satu agen tunggal pemilik merek Daihatsu di Indonesia.

"Secara logika pasti pesanan mobil mengalami penurunan," kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing Division Head PT ADM ketika dihubungi KONTAN di Jakarta, Jumat (18/1/2013). Menurut Hendrayadi, selama ini, penjualan mobil Daihatsu ditopang dari sistem canvassing dengan bobot 70 persen - 80 persen.

Canvassing adalah istilah dalam penjualan yang berarti aktivitas terencana, yang dilakukan oleh seseorang untuk menawarkan, mendistribusikan, mencari pesanan penjualan atas produk dan jasa dengan terjun langsung mencari konsumen.

Dalam hal ini, Daihatsu menggunakan metode ini untuk mencari pelanggan di luar penjualan melalui showroom. Penjualan melalui showroom sendiri hanya memiliki persentase 20 persen sampai dengan 25 persen. "Karena banjir kemarin, tentu karyawan-karyawan kami tak dapat melakukan canvassing, karena genangan air di mana-mana," tandas Hendrayadi.

Namun sayangnya, Hendrayadi enggan memberi tahu berapa total penurunan penjualan ataupun persentase kerugian yang dialami ADM akibat banjir selama dua hari belakangan ini. "Saya belum menerima laporannya," tukas Hendrayadi.

Ia menambahkan, saat ini diler ADM di Jakarta masih aman dari banjir. Namun, untuk akses menuju  ada yang dikepung oleh banjir, seperti yang diler mereka yang ada di ADM Sunter. (Kontan/Margareta Engge Kharismawati)

Baca juga:

BERITA TERKAIT
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas