Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pencurian Kartu Kredit, BCA Rugi Rp 1 M

Setelah Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA) mengutarakan kerugiannya dalam pencurian data kartu kredit

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pencurian Kartu Kredit, BCA Rugi Rp 1 M
net
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Setelah Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA) mengutarakan kerugiannya dalam pencurian data kartu kredit di gerai Body Shop. Pihak Bank BCA mengklaim akan mengembalikan dana nasabah yang tercuri tersebut.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, selepas konferensi pers kinerja 2012 di Hotel Kempinski Jakarta, Rabu (27/3/2013) mengatakan jumlah kerugiannya mencapai kurang dari Rp 1 miliar.

"Kami sedang menginvestigasi kemungkinan pencurian data kartu kredit maupun kartu debit pada nasabahnya. Hal ini dilakukan agar kasus yang bermula dari kartu kredit Bank Mandiri tersebut tidak meluas ke nasabah kita," katanya di Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Jahja mengatakan pencurian data kartu kredit tersebut bukan disebabkan karena ketelodoran nasabah, melainkan disebabkan oleh oknum yang berusaha mencuri data kartu kredit nasabah untuk digunakan oknum itu sendiri.

Jahja menjelaskan kasus ini terjadi saat nasabah melakukan pembayaran dengan kartu kredit di gerai body shop. Kejadian ini terjadi, saat pelaku melakukan pembayaran, biasanya kartu kredit ini cukup di-deep di mesin electronic data capture (EDC) milik bank penerbit kartu kredit.

"Namun oleh petugas gerai, ternyata kartu kredit tersebut masih digesek di mesin cash register. Di mesin inilah data kartu kredit tersebut dicuri," katanya.

Jahja menyerahkan mekanisme investasi kepada Bank Indonesia, Asosiasi Kartu Kredit Indonesia(AKKI) bersama Mastercard atau Visa hingga pihak kepolisian setempat.

BERITA TERKAIT

Seperti diberitakan, Bank Indonesia (BI) saat ini sedang melakukan penelitian terkait dugaan pencurian data pada kartu kredit dan atau kartu debit dari penerbit Indonesia saat transaksi pada merchant Body Shop.

Sebelumnya, Bank Mandiri telah memblokir sementara penggunaan kartu kredit di dua daerah, yakni Amerika Serikat (AS) dan Mexico. Hal ini dilakukan terkait tindak kejahatan alias fraud kartu kredit Mandiri di konter The Body Shop. Yang disinyalir menimpa 100 orang nasabah Bank Mandiri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas