Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Buah dan Sayuran di Carrefour Bebas Formalin

Selama hampir dua jam Pemprov DKI Jakarta melalui Sudin Bidang Peternakan dan Perikanan, Sudin Pertanian dan Kehutanan,

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Buah dan Sayuran di Carrefour Bebas Formalin
Tribunnews.com/Zulfikar
Aswin Saragih, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI mengenakan batik hitam saat menunjukkan sampel buah dan sayur hasil pengujian formalin yang hasilnya negatif. 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama hampir dua jam Pemprov DKI Jakarta melalui Sudin Bidang Peternakan dan Perikanan, Sudin Pertanian dan Kehutanan, Balai Pengujian Mutu dan Pengolahan Hasil Perikanan dan Kelautan serta UPT Laboratorium Kesmavet melakukan pengujian pangan di Carrefour Puri Kembangan, Jakarta Barat. Hasilnya, buah dan sayuran di pasar swalayan tersebut negatif terindikasi mengandung formalin.

"Dari hasil pengujian, buah dan sayuran terbukti tidak mengandung formalin," kata Aswin Saragih, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI di Carrefour Puri Kembangan, Kamis (4/7/2013).

Aswin menjelaskan, buah dan sayuran yang dijadikan sampel tidak terindikasi mengandung formalin didapat dari cairan buah dan sayur yang telah dicampur bahan khusus tidak berwarna ungu. Menurutnya, jika buah dan sayuran mengandung formalin akan ada bentuk sampel yang berwarna ungu yang menyerupai cincin di dalam sampel pengujian tersebut.

"Hasilnya tidak ada butir cairan berwarna ungu yang ada di sampel pengujian," katanya.

Aswin menuturkan, pihaknya telah melakukan pengujian terhadap sebanyak 15 sampel buah dan sayur yang dijual di Carrefour. Pengujian pun dilakukan secara terbuka biar lebih fair.

"15 sampel buah dan sayur yang diuji negatif mengandung formalin," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Caption: Aswin Saragih, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI mengenakan batik hitam saat menunjukkan sampel buah dan sayur hasil pengujian formalin yang hasilnya negatif.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas