Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Persiapan ASDP Jelang Mudik Lebaran

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan peningkatan kehandalan kapal feri penyeberangan dan infrastruktur pelabuhan

Penulis: Hendra Gunawan
zoom-in Persiapan ASDP Jelang Mudik Lebaran
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Kapal roro (roll on roll off) Portlink milik PT.Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry tiba di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (10/6/2013). Kapal baru ini memiliki panjang sekitar 150 meter dengan berbagai fasilitas pendukung yang cukup mewah memiliki kapasitas 1.000 orang dan mobil 300-an. Keberadaan kapal ini diharapkan dapat meningkatkan kelancaran arus penyeberangan pada mudik lebaran nanti. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan  peningkatan kehandalan kapal feri penyeberangan dan infrastruktur pelabuhan, peningkatan pelayanan serta peningkatan koordinasi dengan berbagai pihak di pelabuhan menjelang musim mudik Lebaran 2013.

Danang S Baskoro, Direktur Utama PT ASDP mengatakan, pihaknya akan menurunkan kapal-kapal baru untuk mengangkut pemudik. “Portlink siap mengangkut pengguna jasa di lintasan Merak - Bakauheni. Disamping itu, sesuai data pola operasi yang kami sampaikan, pada arus mudik dan balik nanti telah disiapkan kapal-kapal yang handal untuk beroperasi sebanyak 28 kapal,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7/2013).

Kehandalan kapal ini dilihat dari kondisi kapal selama satu bulan terakhir dimana kapal-kapal tersebut telah melakukan proses docking sebelum masa operasi angkutan lebaran. Sementara untuk kesiapan infrastruktur pelabuhan, Danang menyatakan bahwa seluruh dermaga di pelabuhan siap menampung kendaraan dengan kapasitas maksimal. Demikian pula dengan sarana prasarana pendukung lainnya seperti posko keamanan, pusat informasi dan keluhan, ruang kesehatan, ruang ibu menyusui dan lain sebagainya.

“ASDP juga menyediakan tenda sepanjang 600m khusus untuk pengendara sepeda motor dalam mengantisipasi terjadinya hujan. Sehingga pengguna jasa tidak kehujanan dan bisa lebih nyaman menunggu,” tambah Danang.

Dari tahun ke tahun, kendaraan roda dua mendapat lebih banyak perhatian dikarenakan jumlahnya yang terus bertambah dan juga perilaku para pengendara. “Perilaku pengendara roda dua cenderung lebih sulit ditangani. Hal ini mungkin karena mereka kelelahan karena perjalanan jauh dengan beban yang berat dan ingin cepat sampai di tujuan. PT. ASDP melihat ini sebagai tantangan karena mereka adalah saudara-saudara kita yang harus diakomodir kebutuhannya,” ujarnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas