Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Rupiah Lunglai, Ekspor Barang Kerajinan Tuai Keuntungan

Pelemahan mata uang rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat dinilai menguntungkan kalangan pengusaha eksportir

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rupiah Lunglai, Ekspor Barang Kerajinan Tuai Keuntungan
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Kerajinan tangan khas Pulau Kalimantan dipamerkan dalam acara Festival Seni Anyam Adi Kriya Kalimantan, di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Rabu (27/3/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pelemahan mata uang rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat dinilai menguntungkan kalangan pengusaha eksportir. Alasannya, harga komoditas ekspor yang berasal dari Indonesia menjadi lebih murah.

Gusmardi Bustami, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan menyampaikan, pelemahan rupiah dapat menguntungkan pengusaha kerajinan tangan Indonesia. Sebab, bahan baku kerajinan tangan banyak menggunakan dari Indonesia.

Bahkan, Gusmardi yakin, pelemahan nilai tukar rupiah tersebut dapat menaikkan pertumbuhan ekspor kerajinan tangan di Indonesia pada tahun ini. "Kita lihat angkanya saja nanti di akhir tahun," ungkapnya kepada wartawan di kantornya, Senin (19/8/2013).




Dia bilang, ekspor produk kerajinan Indonesia di tahun 2012 mencapai US$ 696,1 juta. Angka tersebut meningkat 13,3% dibanding tahun 2012 sebesar  US$ 614,3 juta.

Pendapat serupa diungkapkan Thamrin Bustami, Sekjen Asosiasi Eksportir dan Produsen Handycraft Indonesia (Asephi). Dia yakin, dalam beberapa waktu ke depan akan ada peningkatan nilai ekspor kerajinan tangan.

"Angkanya akan terlihat setelah Indonesia Trade Expo pada Oktober 2013 nanti. Di acara tersebut akan banyak pembeli dari luar negeri yang akan datang ke Indonesia," ujar Thamrin. (Oginawa Prayogo)

BERITA TERKAIT
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas