Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bulan Depan Tarif Listrik Naik 3 Persen

Sesuai dengan program pemerintah dengan PT PLN tahun ini, akan ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) bulan Oktober mendatang

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Bulan Depan Tarif Listrik Naik 3 Persen
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sesuai dengan program pemerintah dengan PT PLN tahun ini, akan ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) bulan Oktober mendatang. Kenaikan tarif listrik tersebut merupakan bagian dari kenaikan tahap terakhir tahun 2013.

Menteri ESDM Jero Wacik menjelaskan pada bulan Januari, April, dan Juli, tarif listrik naik dengan total 12 persen, atau 4 persen setiap bulannya. Sedangkan bulan Oktober tarif listrik naik 3 persen, sehingga sampai tahun depan tarif listrik naik 15 persen.

"Sudah diputuskan, artinya bagian terakhir kenaikan listrik Oktober jadinya," ujar Jero Wacik, Senin (16/9/2013).

Jero menambahkan pihak pemerintah tidak memberikan keringanan bagi masyarakat menengah kebawah. Pasalnya selama ini PLN merasa dirugikan akibat subsidi yang besar untuk biaya penjualan listrik.

"Kompensasinya peringanan ini, berbagilah beban. 'Makan es krim' kan golongan menengah saja," ungkap Jero Wacik.

Sebelumnya diberitakan tribunnews.com, dengan adanya kenaikan harga TDL menjadi 15 persen, otomatis subsidi kelistrikan yang diserap APBN dikurangi menjadi Rp 78,63 triliun. Bagi pelanggan listrik yang memakai tenaga listrik dari 450 Volt Ampere (VA) sampai 900 VA tidak dikenakan biaya kenaikan TDL sebesar 15 persen.

BERITA TERKAIT
Tags:
TDL
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas