Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Indonesia dan Korea Selatan Sepakati Kerjasama Ekonomi Kreatif

Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan bersepakat bekerjasama untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
zoom-in Indonesia dan Korea Selatan Sepakati Kerjasama Ekonomi Kreatif
TRIBUN/DANY PERMANA
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengamati video mapping wayang kulit Pandawa Melawan Kurawa pada Pembukaan Galeri Indonesia Kaya di West Mall Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (10/10/2013). Galeri Indonesia Kaya yang dipersembahkan Djarum Apresiasi Budaya tersebut merupakan ruang publik pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menyediakan galeri seni budaya Indonesia dengan konsep digital multimedia, permainan tradisional, dan auditorium pertunjukan yang didedikasikan bagi masyarakat, terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Adiatmputra Fajar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan bersepakat bekerjasama untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

Kesepakatan tersebut, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding)  antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan Yoo Jinryong, Minggu (13/10/2013) hari ini.




"Kami menyambut dengan antusias kerjasama ini, karena Indonesia memiliki kelebihan dari aspek kekayaan tradisi budaya dan kearifan lokal yang menjadi basis utama pengembangan ekonomi kreatif," ujar Mari Elka Pangestu, Minggu (13/10/2013).

Mari Pangestu menyatakan, penandatanganan MoU ini merupakan momentum penting untuk memajukan ekonomi kreatif kedua negara. Kolaborasi antarkedua negara, diyakini akan berdampak positif.

"Korea Selatan lebih maju untuk konten digital termasuk film, animasi, dan musik. Bila dipadukan, maka akan menghasilkan produk kreatif yang lebih memiliki nilai tambah dan daya saing bagi kedua negara," ungkap Mari.

Untuk  diketahui, di bawah kepemimpinan Presiden Park, "ekonomi kreatif" menjadi salah satu prioritas untuk mengembangkan ekonomi Korea Selatan ke depan dengan basis sinergi antara inovasi, teknologi dan budaya.  

BERITA TERKAIT

Hal ini, ditegaskan oleh Presiden Park saat APEC CEO Business Summit di Bali pada tanggal 7 Oktober, dan saat Business Forum Korea-Indonesia pada tanggal 11 Oktober di Grand Hyatt.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas