Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tiga Terminal Pelabuhan Tanjung Perak Alami Peningkatan Peti Kemas

sejak Januari sampai dengan September tahun 2013 terealisir sebanyak 476.569 Teus atau setara dengan 446.779 boks.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
zoom-in Tiga Terminal Pelabuhan Tanjung Perak Alami Peningkatan Peti Kemas
SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR
Peti kemas 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Arus peti kemas di terminal konvensional pelabuhan Tanjung Perak meliputi terminal Jamrud, Nilam dan Mirah sejak Januari sampai dengan September tahun 2013 terealisir sebanyak 476.569 Teus atau setara dengan 446.779 boks.

"Realisasi tersebut memberikan kontribusi sebesar 22 persen untuk satuan Teus dan 24 persen untuk satuan boks dari total arus peti kemas yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak," ujar Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto, Senin (21/10/2013).

Pencapaian tersebut menurut Edi disebabkan karena pelabuhan Tanjung Perak sendiri selain sebagai gerbang utama arus barang tidak hanya skala internasional tetapi juga menjadi arus domestik bagi Jawa Timur dan terhadap daerah lain di Kawasan Timur Indonesia.

"Karenanya Pelabuhan Tanjung Perak memiliki peran sebagai infrastruktur penting bagi perdagangan dan transportasi bagi Jawa Timur dan kawasan Timur Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya diketahui pada tahun 2012 misalnya, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur berada pada angka 7,27 persen atau naik 0,05 persen dari tahun 2011 yang tercatat sebesar 7,22 persen. Angka itu jelas lebih tinggi di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 6,23 persen.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas