Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Usulan Korsel soal Pembebasan Bea Masuk Otomotif Ditolak

Pemerintah menolak usulan Korea Selatan yang soal pembebasan pungutan terhadap barang impor (bea masuk) terhadap sektor otomotif

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Sanusi
zoom-in Usulan Korsel soal Pembebasan Bea Masuk Otomotif Ditolak
Pabrik mobil 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menolak usulan Korea Selatan yang soal pembebasan pungutan terhadap barang impor (bea masuk) terhadap sektor otomotif.

MS Hidayat, Menteri Perindustrian, mengatakan pemerintah menolak karena dengan bea masuk nol persen maka Pemerintah Korea Selatan tidak akan berinvestasi berbentuk pabrik otomotif di Indonesia.

"Jika bea masuk dikabulkan, Korea Selatan tidak akan bangun pabrik, padahal kita mau mereka investasi di sini bukan sekadar Completely Build Up (CBU)," katanya, kemarin.

Menurut Hidayat, memang ada kekhawatiran dari industri otomotif Korea mendapat ancaman dari Jepang. "Dominasi Jepang sudah besar sekali di indonesia, kelihatan mereka mau melawan itu, " katanya.

Pemerintah sendiri sedang berusaha merealisasikan sektor manufaktur masuk ke dalam pembicaraan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) dengan Korea Selatan.
"Kita unggul di manufaktur, makanya kita dorong supaya bea masuk kita ke Korea bisa nol persen, tapi kita tetap jaga bargaining karena potensi domestik kita besar," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas