Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ketua APINDO: Tak Satu pun Negara Mau Membantu Indonesia

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menegaskan tidak ada negara asing baik di Asia maupun di luar Asia yang ikhlas membantu

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Ketua APINDO: Tak Satu pun Negara Mau Membantu Indonesia
Sofjan Wanandi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menegaskan tidak ada negara asing baik di Asia maupun di luar Asia yang ikhlas membantu Indonesia saat World Trade Organization (WTO) berlangsung. Menurut Sofjan, semua negara asing sudah tidak percaya dengan Indonesia.

"Tidak ada satupun yang pas membantu kita. Kita tidak dipercaya," ujar Sofjan Wanandi dalam acara diskusi panel peran aktif dan kepentingan Indonesia dalam WTO di kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (12/11/2013).

Sebagai seorang pengusaha, Sofjan melihat hampir semua perusahaan multinasional yang sudah menanam modal dan baru melirik Indonesia, hanya mencari keuntungan untuk negaranya sendiri. Sofjan menilai Indonesia hanya sebagai sasaran empuk negara berkembang.

"Perusahaan multinasional di Indonesia hanya mencari untung, dan kita mati-matian bertahan terus," ungkap Sofjan.

Menurut Sofjan jika Indonesia tidak bisa bangkit dari perekonomian, tanah air hanya akan dipermainkan saat WTO. Dalam hal ini kebijakan pemerintah pusat dinilai Sofjan tidak mendukung pengusaha dan produksi dalam negeri.

"Dengan situasi ekonomi order menurun cost naik. Tidak punya banyak lagi proteksi, karena kita merasa negara hebat. Padahal perekonomian yang kita hasilkan tidak maksimal dibandingkan 5 tahun sebelumnya," papar Sofjan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas