Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kita Macetkan Saja Bali Saat WTO Berlangsung

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi berharap terjadi kemacetan di Bali saat pertemuan WTO berlangsung

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kita Macetkan Saja Bali Saat WTO Berlangsung
TRIBUNNEWS.COM/Muhammad Zulfikar
Ketua APINDO, Sofjan Wanandi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi berharap terjadi kemacetan di Bali saat pertemuan World Trade Organization (WTO) berlangsung.

"Sengaja kita macetkan Bali saja. Toh nggak ada gunanya buat kita," ujar Sofjan Wanandi dalam acara diskusi panel peran aktif dan kepentingan Indonesia dalam WTO di Kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (12/11/2013).

Alasan Sofjan menginginkan kemacetan di Bali saat WTO berlangsung, agar suasana pertemuan tidak kondusif. Karena menurut Sofjan sudah banyak negara asing yang mengincar sumber daya alam Indonesia tanpa memberikan keuntungan untuk perekonomian negara.

"Negara asing selalu menginginkan perdagangan bebas, Korea mengincar kita terus, tapi banyak ruginya daripada untungnya," jelas Sofjan.

Sofjan menilai dengan banyak kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, negara sudah tidak punya pertahanan melawan arus pasar negara asing. Dalam hal ini, semua sektor mulai dari pangan, jasa, dan infrastruktur diimpor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Kalau jadi pengusaha kita tidak siap, kecuali kita jadi importir saja kita siap," ungkap Sofjan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas