Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Mobil Listrik Diproduksi Mulai 2017

Menristek Gusti Muhammad Hatta mengatakan mobil listrik diharapkan bisa mulai diproduksi pada 2017.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Mobil Listrik Diproduksi Mulai 2017
Warta Kota/Alex Suban
Staf mengisi batere mobil listrik Electric Vehicle Indonesia (Evina) di arena pameran kelistrikan di Kantor Pusat PLN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2013). Evina mampu menempuh jarak hingga 135 km dalam setiap pengisian. (Warta Kota/alex suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta mengatakan mobil listrik diharapkan bisa mulai diproduksi pada 2017. Meskipun belum masif, mobil listrik akan melayani kebutuhan transportasi di kantor-kantor pemerintahan.

"Rencananya 2017 itu sudah dimulai beberapa puluh, belum sampai ratusan. Itu untuk melayani kementerian-kementerian," kata Gusti, ditemui di Agrinex Expo 8, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Namun sayangnya, mobil ide Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan tersebut hingga saat ini belum mengantongi sertifikasi Kementerian Perindustrian. Gusti mengatakan, uji level delapan di Kemenristek pun belum lolos.

"Seharusnya sudah ke level 8 dengan perbaikan sedikit-sedikit, seharusnya bisa lanjut ke level 9. Baru bisa dikeluarkan sertifikasinya," jelasnya.

Uji level 8, terang Gusti, adalah pengujian atau tes di jalan raya, dan fungsi seluruh perangkat. "Apakah ada rem yang macet atau enggak," sambungnya. Menurut Gusti, secara prinsipil, mobil listrik sudah layak. Hanya kekurangan yang tidak prinsipil saja, sehingga sertifikasinya belum juga dikeluarkan.

Gusti juga menolak jika dibilang terlalu lama mengeluarkan hasil uji mobil listrik. "Supaya selamat. Mau nggak diproduksi cepet tapi nanti orang kecelakaan. Kan gak mau," pungkasnya.


BERITA TERKAIT
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas