Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tanpa Bencana, Indonesia Tetap Kekurangan Pangan

Pengamat Pertanian Husein Sawit menengarai, produksi pangan dalam negeri tetap kurang meski bencana alam tidak melanda Indon

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Ade Mayasanto
zoom-in Tanpa Bencana, Indonesia Tetap Kekurangan Pangan
Warta Kota/Nur Ichsan
Petani penggarap sedang mengolah lahan persawahan yang akan ditanami kembali di kawasan Benda, Kota Tangerang, Sabtu (1/3/2014). Makin berkembangnya kawasan Kecamatan Benda yang berdekatan dengan Bandara Soekarno Hatta, yang membutuhkan lahan yang luas, membuat lahan pertanian di daerah ini semakin meyempit. (Warta Kota/Nur Ichsan) 
 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fajar Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Pertanian Husein Sawit menengarai, produksi pangan dalam negeri tetap kurang meski bencana alam tidak melanda Indonesia. Ancaman bencana alam berupa musim kemarau yang panjang, akan menambah beban kekurangan pangan di Tanah Air.

"Bukan karena kita menghadapi bencana, ada bencana atau tidak kita menghadapi kesulitan," ujar Husein, Minggu (4/5/2014).

Menurutnya, produksi pangan di dalam negeri masih belum mencukupi kebutuhan konsumsi. Baik beras hingga sektor pangan lain, pasokannya masih sangat kurang. Hal ini disebabkan petani kekurangan lahan untuk bercocok tanam.

"Luas area petani bekerja kecil sekarang," ungkap Husein.

BERITA REKOMENDASI
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas