Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kebijakan Baru Suplai Ayam Segera Dirilis

Dalam setahun, peternak ayam rakyat biasanya mengalami rugi hingga tujuh bulan, sedangkan untungnya lima bulan

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kebijakan Baru Suplai Ayam Segera Dirilis
(Tribunnews/Hendra Gunawan)
Ayam potong di super market 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan segera mengeluarkan kebijakan baru berupa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) yang mengatur suplai ayam secara menyeluruh. Pengaturan tersebut dimulai dari impor grand parent stock (GPS) hingga ke retail.

Bayu Krisnamurthi Wakil Menteri Perdagangan mengatakan, kebijakan tersebut ditargetkan dapat diselesaikan dan diterapkan secepatnya. "Kita kelola secara terpadu. Nanti dalam bentuk Permendag. Seluruh supply chain (diatur)," kata Bayu, Rabu (28/5/2014).

Bayu bilang, dalam 2-3 tahun terakhir peternak ayam rakyat posisinya sangat sulit. Dalam setahun, peternak ayam rakyat biasanya mengalami rugi hingga tujuh bulan, sedangkan untungnya lima bulan.

Sekedar gambaran saja, pupulasi ayam di dalam negeri mencapai 2,5 miliar ekor pertahun. Dari jumlah tersebut, 70% diproduksi oleh perusahaan besar, sedangkan 30% sisanya diproduksi oleh perusahaan kecil. Sementara itu untuk penjualannya, mayoritas atau sekitar 70% melalui pasar tradisional, sedangkan 30% dari pasar modern.

Oleh sebab itu, agar tidak terjadi over suplai dipasaran, diperlukan pengaturan suplai ayam dengan kebutuhan. Sehingga bila terjadi penurunan harga yang signifikan tersebut tidak akan membuat peternak ayam kecil terpukul. (Handoyo)

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas