Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BI : Reformasi Struktural Bisa Menaikkan Cadev Hingga 124 Miliar Dollar AS pada 2021

BI menekankan bahwa reformasi struktural dengan mengurangi defisit neraca perdagangan bisa menaikan cadangan devisa (Cadev) negara indonesia

Penulis: Arif Wicaksono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in BI : Reformasi Struktural Bisa Menaikkan Cadev Hingga 124 Miliar Dollar AS pada 2021
TRIBUN/DANY PERMANA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menekankan bahwa reformasi struktural dengan mengurangi defisit neraca perdagangan bisa menaikan cadangan devisa (Cadev)  negara indonesia. Jika melakukan reformasi struktural, indonesia bisa menaikan pendapatan cadev hingga 2021.

"Saya melihat cadev bisa mencapai 124 miliar dollar AS pada 2021, pada saat itu memang penerimaan negara dari hasil minyak itu baik sekali dan menaikan pendapatan cadangan devisa kita," kata Agus Martowardojo, Gubernur BI, di Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Target ini akan dicapai seandainya indonesia bisa terus memperbaiki neraca perdagangan yang akan berimbas terhadap perbaikan defisit neraca berjalan yang akan membuat fondasi perekonomian menjadi lebih baik.

Untuk mencapai ini, indonesia bisa mengiatkan ekspor dengan melakukan nilai tambah terhadap ekspor barang dan jasa. Hal itu dilakukan dengan membuka pasar baru ke negara-negara yang selama ini masih belum menjadi perhatian pemerintah indonesia.

"Indonesia bisa melakukan ekstensifikasi ekspor, bisa menciptakan nilai tambah, bisa membuka pasar baru pasti surplus barang jasa akan semakin terwujud dan fundamental ekonomi akan semakin kuat. Untuk itu jangan berhenti melakuikan reformasi struktural," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas