Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Industri Mebel Targetkan Pendapatan Rp 100 Triliun Per Tahun

Kami ingin masuk dalam lima besar dunia pada 10 tahun ke depan dengan nilai pendapatan Rp 100 triliun per tahun,

Editor: Budi Prasetyo
zoom-in Industri  Mebel  Targetkan  Pendapatan   Rp 100 Triliun Per Tahun
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Pekerja menyelesaikan pembuatan bangku kayu di salah satu toko mebel di Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin (21/10/2013). Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) menyatakan bahwa target ekspor furniture diharapkan mampu mencapai atau menembus 5 miliar dolar AS dalam waktu lima tahun ke depan. Dengan target tersebut, maka pertumbuhan per tahun minimal harus sebesar 25 persen. Angka 5 miliar itu merupakan target yang akan berusaha dicapai dan merupakan angka realistis, mengingat total ekspor furniture dunia mencapai 122 miliar dolar AS. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM.BANDUNG, - Industri mebel dan kerajinan Indonesia memiliki pasar sendiri di luar negeri. Meski begitu, para pebisnis industri ini akan meningkatkan penetrasi pasar ke luar negeri khususnya ke Eropa, Amerika Serikat, Timur Tengah, Cina, dan Afrika

"Kami ingin masuk dalam lima besar dunia pada 10 tahun ke depan dengan nilai pendapatan Rp 100 triliun per tahun," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI), Abdul Sobur  pada acara Roadshow Trade Expo Indonesia di Hotel Horison, Senin (1/9/2014) malam.

Untuk bisa meraih pasar tersebut, katanya, perlu diubah paradigma yakni harus lebih banyak menjual barang jadi karena memiliki nilai jual lebih tinggi. Perubahan paradigma ini juga sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan bahan baku yang merupakan potensi besar bagi Indonesia.

"Kalau tidak seperti itu, Indonesia bisa makin terkalahkan oleh negara pesaing seperti Malaysia dan Vietnam yang memiliki teknologi yang juga lebih canggih dengan speed tinggi," katanya.

Ia menambahkan, AMKRI berencana menggelar pameran bertajuk Trade Expo Indonesia yang akan berlangsung 8-12 Oktober mendatang di Jakarta. Pihaknya menargetkan penjualan on the spot sekitar Rp 300 juta dan Rp 1 miliar follow up. Untuk itu, AMKRI melakukan roadshow di sejumlah daerah yang menjadi sentra produksi seperti Bandung, Bali, Jepara, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan Jakarta.

Di lokasi yang sama, Ketua DPD AMKRI Bandung-Priangan, Syahrizal Mustafa mengatakan, pertumbuhan furnitur di Bandung-Priangan baru mencapai 7 hingga 10 persen per tahun. Untuk itu, pihaknya akan merekrut keanggotaan baru lebih banyak lagi seperti keanggotaan dari Tasikmalaya dan Garut.

"Keanggotaan baru sekitar 40 pelaku, untuk pertumbuhan lebih tinggi, kami harap banyak pelaku yang bisa bergabung, karena terpenting pelakunya langsung, bukan trader-nya," katanya. (tif)

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas