Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Deposito BPR di Sulsel Sumbang 30% DPK

Ketua Perbarindo Sulsel, Aries Patau mengungkapkan, produk deposito berkontribusi cukup besar untuk perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) di Sulsel.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Deposito BPR di Sulsel Sumbang 30% DPK
Kontan
Ilustrasi bunga deposito 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Chaerul Fadli

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Ketua Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulsel, Aries Patau mengungkapkan, produk deposito berkontribusi cukup besar untuk perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) di Sulsel.

"Deposito memang banyak, perolehan BPR di Sulsel rata-rata diatas 30 persen untuk DPK," ujar dia saat dihubungi, Selasa (14/10/2014).

Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari pertumbuhan ekonomi mikro di Sulsel yang dinilai baik. "Prospek ekonomi mikro sangat baik. BPR juga dibutuhkan pelaku ekonomi mikro di Sulsel," katanya.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Juni 2014 yang dirilis KONTAN, Agustus lalu, jumlah DPK BPR di seluruh Indonesia mencapai Rp 52,12 triliun.

Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 35,64 triliun adalah deposito atau 68,38% dari total DPK BPR. Sementara tabungan hanya Rp 16,48 triliun atau 31,62% dari total DPK BPR.

Porsi tabungan BPR jelas menurun dibanding periode yang sama tahun lalu. Di bulan Juni 2013, jumlah DPK BPR mencapai Rp 45,93 triliun.

BERITA TERKAIT

Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 31,17 triliun adalah deposito atau 67,87% dari total DPK BPR. Sementara tabungan hanya Rp 14,76 triliun atau 32,13% dari total DPK BPR

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas